Rumah Adat Dayak di Ngabang Terbakar

Landak

Editor Hendra Cipta Dibaca : 216

Rumah Adat Dayak di Ngabang Terbakar
Petugas pemadam kebakaran bersama kepolisian memadamkan api yang membakar salah satu rumah adat Dayak di Ngabang, Landak.
NGABANG, SP - Rumah adat Dayak di Jalan Ria Siner, Kecamatan Ngabang terbakar, Rabu (30/1) sore. Kebakaran itu sempat menghebohkan masyarakat Kota Ngabang. 

Anggota piket Mako Polres Landak yang menerima laporan dari masyarkat langsung meluncur menuju tempat kejadian perkara. 

Tim itu dipimpin KSPKT II Polres Landak Ipda Didik Pramono. Sebagian dari mereka ada yang langsung menuju markas Badan Pemadam Api Swasta (BPAS) Ngabang untuk meminta bantuan.

"Kita langsung gerak cepat ke TKP. Tim kita bagi, ada yang langsung menuju ke TKP, ada pula yang ditugaskan untuk menjemput dan mengawal Damkar," ujar Didik.

Asap mulai terlihat sekitar pukul 17.30 WIB. Tidak lama kemudian timbul kobaran api yang cukup besar sudah membakar atap dan dinding rumah adat yang hampir semuanya terbuat dari kayu.

Warga yang penasaran ramai berkumpul di TKP. Apalagi bangunan yang terbakar itu merupakan salah satu warisan adat dan budaya suku Dayak di Ngabang.

Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio melalui Iptu Didik meminta agar masyarakat tidak mengeluarkan opini yang beragam tentang penyebab kebakaran rumah adat itu.

"Kita mohon masyarakat tetap tenang. Jangan berfikir dan berspekulasi terlalu jauh tentang penyebab kebakaran ini," pinta Didik.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian masih berada di lokasi kebakaran untuk mencegah masyarakat berada terlalu dekat dengan TKP. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi. (dvi)