Karolin Evaluasi Kades dan Kepsek Meranti, Fokus Bangun Desa Mandiri dan Pemerataan Pendidikan

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 127

Karolin Evaluasi Kades dan Kepsek Meranti, Fokus Bangun Desa Mandiri dan Pemerataan Pendidikan
TINJAU - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa beserta rombongan meninjau ruas jalan dalam kunkernya di Kecamatan Meranti. (ist)
NGABANG, SP - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Meranti, beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan kerjanya itu, Karolin didampingi Sekda Landak, Vinsensius, Danyonramed Ngabang, dan sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Landak.

Kunjungan kerja (kunker) yang dilakukan Karolin itu, dalam rangka mengevaluasi para Kepala Desa dan Kepala Sekolah. Bupati mendengar langsung capaian kinerja selama tahun 2018 dan kendala yang terjadi untuk pembangunan di desa pada tahun 2019. Kunker itu berlangsung di aula Kantor Kecamatan Meranti.

Pada kesempatan itu, Karolin mengimbau kepada para kades untuk menjadi perwakilan pemerintah di tingkat desa dengan memonitor langsung kegiatan di desa. Kemudian, meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa, baik di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

“Saya ingatkan kepada para kades untuk lebih serius membangun kemandirian desa secara terus-menerus, seperti kesehatan ibu dan anak, menyukseskan program jambanisasi desa, menggalakkan program PKK, peningkatan infrastruktut jalan, jembatan, dan air bersih di desa," pesannya. 

Ia juga meminta para kades untuk melakukan pemerataan kualitas pendidikan untuk anak-anak di desa agar mereka tidak putus sekolah. Peningkatan ekonomi masyarakat di desa dengan membangun BUMDes yang sesuai dengan kondisi pekerjaan masyarakat setempat dan melakukan inovasi dalam bidang pertanian. 

"Untuk para Kepala Sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA supaya bisa mengecek anak-anak kita agar dapat mengenyam pendidikan 12 tahun dan terus melakukan pengembangan diri dengan kemajuan zaman yang modern ini,” pintanya. 

Karolin juga menegaskan kepada perangkat kecamatan dan perangkat desa untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab wilayahnya. Kemudian, melakukan koordinasi kepada tingkatan yang lebih tinggi agar dapat lebih cepat melakukan perubahan di Kabupaten Landak.

“Saya tegaskan sekali lagi bahwa camat itu bukan sekadar pajangan. Tetapi camat memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai wakil pemerintah di kecamatan dengan mengawasi semua kegiatan di kecamatan, termasuk mengawasi penerimaan siswa tahun ajaran baru dengan tidak ada lagi pungutan liar serta mengawasi penggunaan dana BOS. Untuk Kepala Desa, jangan ada lagi yang tidak melakukan koordinasi dengan camat,” tegasnya.

Usai melakukan evaluasi dengan Kepala Desa dan Kepala Sekolah, Karolin meninjau langsung sejumlah desa di Kecamatan Meranti. Desa yang sempat dikunjunginya, yakni Desa Tahu, Dusun Sejagan, dan Dusun Soren serta Desa Ampagi, Dusun Nabo. Tak lupa, Karolin melihat kondisi jalan dan jembatan, sekolahan serta memberikan sosialisasi kesehatan ibu dan anak kepada masyarakat. (dvi/lha)