Kreatif, Damkar Landak Modifikasi Mesin Pompa Mobil Pemadam

Landak

Editor Admin Dibaca : 265

Kreatif, Damkar Landak Modifikasi Mesin Pompa Mobil Pemadam
NGABANG, SP - Petugas Bidang Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Landak memodifikasi mesin pompa air portabel yang dirakit di mobil pemadam.

Modifikasi mesin tersebut lantaran mesin pompa mobil pemadam yang sudah rusak dan tidak berfungsi, sehingga para petugas damkar ini berinisiatif dengan cara kreatif merakit mesin pompa air portable ke mobil pemadam kebakaran.

Usai dirakit, mesin tersebut kemudian dilakukan ujicoba yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Landak, Daniel, Kamis (14/2).

"Modifikasi ini dilakukan karena mesin pompa tidak berfungsi sama sekali sehingga ada inisatif mekanik damkar memodifikasi mesin pompa agar berfungsi dan siap beraksi," ujar Daniel.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Kesiapsiagaan Kebakaran Lingkungan, Stephanus mengatakan, saat ini Satpol PP Kabupaten Landak memiliki dua unit mobil damkar, namun dalam kondisi rusak dan dalam perbaikan.

Mobil tersebut masing-masing merupakan pengadaan tahun 2002 dan tahun 2014.

"Dua-duanya saat ini sedang dalam proses perbaikan karena rusak," ungkap Daniel.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan Kebakaran Lingkungan, Donny Oscar mengatakan bahwa modifikasi pompa air damkar tersebut dilakukan oleh mekanik dari internal Satpol PP.

Mengingat anggaran pemeliharaan peralatan pemadam kebakaran yang masih minim.

"Harapannya anggaran untuk pemeliharaan peralatan ini bisa ditingkatkan lagi, namun untuk sementara kita bahu membahu memaksimalkan sumber daya yang ada," pungkasnya. (dvi)