Polres Landak Rutin Cek Kondisi Tahanan

Landak

Editor Admin Dibaca : 203

Polres Landak Rutin Cek Kondisi Tahanan
CEK RUTAN - Personel Polres Landak melakukan pengecekan terhadap kondisi tahanan di rumah tahanan, Minggu (17/3). Pengecekan ini dilakukan rutin untuk memastikan kondisi kesehaan warga binaan dan kebersihan lingkungan rumah tahanan.
NGABANG, SP - Polres Landak rutin memantau kondisi tahanan yang berada di rumah tahanan. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehaan warga binaan dan kebersihan lingkungan rumah tahanan.
Kabagops Polres Landak Kompol Asmadi mengatakan, pengecekan terhadap tahanan memang menjadi prioritas kepolisian.

"Meskipun hari libur, kita tetap melakukan pengecekan terhadap para tahanan. Selain itu, kita juga senantiasa melakukan pengamanan objek lainnya di sekitar markas," ujar Asmadi, Minggu (17/3).

Dijelaskannya, pengecekan itu dilakukan oleh perwira pengawas (Pawas) selama 1 x 24 jam. Pawas tersebut terdiri dari Kabag, Kasat dan perwira staf di Polres Landak. Mereka melakukan pengecekan secara bergantian dan terjadwal. 

Setiap pergantian Pawas, pengecekan tahanan wajib dilakukan. Pengecekan itu mulai dari jumlah tahanan, barang-barang pribadi tahanan, kondisi kesehatan tahanan sampai kepada kebersihan lingkungan sel hunian para tahanan. 

“Selain itu, kita juga melakukan pengawasan segala kegiatan kepolisian yang ada di Polres Landak," jelasnya.

Pemeriksaan tahanan itu juga dilakukan anggota lain yang didampingi piket jaga tahanan. Mereka memeriksa jengkal demi jengkal sel hunian tahanan. Mereka memastikan jumlah tahanan yang ada dan berdialog dengan tahanan tentang kesehatannya.

"Kita juga meminta para tahanan supaya tidak memasukan barang yang dilarang ke dalam sel. Kitapun meminta para tahanan untuk menjaga kesehatan dan jangan pernah merokok di sel," ingatnya. 

Pengawasan terhadap tahanan juga dilakukan Polsek Mandor. Seperti yang dilakukan Kanit Reskrim Polsek Mandor Aiptu Dahroni bersama KSPKT Polsek Mandor Aipda Safi'in melakukan pemeriksaan terhadap para tahanan di ruang tahanan.

"Hal ini kita lakukan demi keamanan para tahanan. Selain itu, untuk  mengantisipasi masuknya barang-barang yang dilarang," ujar Kapolsek Mandor Iptu Anuar Syarifudin melalui Kanit Reskrim Aiptu Dahroni. (dvi/ang)