KPU Landak Geser Logistik Pemilu ke PPK

Landak

Editor elgiants Dibaca : 41

KPU Landak Geser Logistik Pemilu ke PPK
Petugas KPU Landak sedang mempersiapkan logistik Pemilu yang akan dikirim ke tingkat PPK. Pendistribusian logistik itupun mendapat pendampingan dari personel TNI/Polri, petugas KPU Landak dan petugas Bawaslu Landak.
NGABANG, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Landak mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke tingkat PPK se Landak. Pendistribusian logistik itu ditandai dengan acara pelepasan oleh Sekda Landak, Vinsensius di gudang KPU Landak, Kamis (11/4). Dijadwalkan pendistribusian logistik itu akan berlangsung hingga 13 April mendatang. 

Ketua KPU Landak, Herkulanus Yacobus mengatakan, pada 13 April itu semua logistik harus sudah sampai di PPK.

"Kemudian, tanggal 14 sampai 15 April, pendistribusian logistik dari PPK ke PPS. Tanggal 16 April didistribusikan lagi dari PPS ke KPPS," terang Yacobus usai pelepasan pendistribusian logistik tersebut.

Dikatakannya, dalam pendistribusian logistik itu, KPU Landak memang memprioritaskan untuk melakukan pendistribusian ke wilayah kecamatan yang jauh dari ibu kota Kabupaten Landak, Ngabang. 

"Kecamatan itu seperti Kuala Behe, Air Besar, Sebangki dan Meranti. Kemudian, pendistribusian dibeberapa desa di Kecamatan Air Besar,” tuturnya.
Dalam melakukan upaya pendistribusian ini menurut Herkulanus pihak KPU Kabupaten Landak bekerja sama dengan pihak TNI dan memakai kendaraan TNI. “Pendistribusiannyapun kita lakukan melalui Entikong langsung ke PPS setempat," jelasnya. 

Selain meminta bantuan kendaraan dari pihak TNI, KPU juga melakukan pendistribusian logistik Pemilu menggunakan sejumlah armada truk. 

"Pendistribusian logistik ini pun didampingi personel TNI/Polri, KPU Landak dan Bawaslu Landak. Saya berharap pendistribusian logistik ini tidak ada kendala apa-apa, sehingga Pemilu bisa berlangsung sukses. Demikian juga nantinya arus balik logistik juga bisa berjalan lancar," harapnya. 

Ditanya soal kekurangan surat suara yang mencapai 6.500 surat suara, dia mengatakan, surat suara tersebut kini sudah cukup dan siap didistribusikan ke masing-masing kecamatan.

"Terkait kotak surat suara saat ini sudah dinyatakan cukup dan siap didistribusikan ke masing-masing kecamatan," ungkapnya. 

Sementara itu, Kabag Ops Polres Landak, Kompol Asmadi menegaskan, Polres Landak tetap memberikan pengamanan selama pendistribusian logistik tersebut berjalan.

 "Pendistribusian pertama ini, kita sudah memberangkatkan personel kita ke Kecamatan Kuala Behe, Air Besar, Meranti dan Kecamatan Sebangki," katanya.

Ditambahkannya, untuk melakukan pengamanan pendistribusian logistik Pemilu itu, Polres Landak melibatkan 20 personel.
"Kita juga melibatkan personel Polsek di kecamatan sebanyak dua personel per kecamatan. Personel itupun ditambah dengan personel Koramil," terangnya.

Ia juga memastikan pengamanan logistik yang dilakukan aparat keamanan dilakukan hingga sampai kepada titik distribusi di PPK. 
"Sampai di PPK, nantinya personel kita stanby kan selama 24 jam untuk melakukan pengamanan," ucap Asmadi. 

Komisioner Bawaslu Landak, Lomon menegaskan jika pihaknya tetap melakukan pengamanan pendistribusian logistik Pemilu dengan ikut serta mengakwal hingga sampai dititik tujuan.

"Pada prinsipnya kami menjalankan apa yang diamanatkan dalam UU No. 7 itu. Jadi, kami melakukan pengawasan dan pengawalan pendistribusian logistik ini. Pengawasan dan pengawalan inipun akan kita lakukan sampai 14 April ini, " ujarnya. 

Selain itu kata Lomon, Bawaslu Landak juga sudah membagi tugas terhadap personel Bawaslu Landak yang berangkat untuk mendampingi pendistribusian logistik itu. 

"Kami juga memerintahkan jajaran kami dibawah untuk melakukan hal yang sama. Kita berharap mereka bisa mengawasi seluruh tahapan distribusi logistik agar tepat jumlahnya, tepat jenisnya dan tepat sasarannya, " ucap mantan Ketua KPU Landak ini. 

Ia berharap, dengan adanya pengawasan yang dilakukan jajaran Bawaslu Landak, pelaksanaan Pemilu di Landak bisa sesuai dengan tahapan yang ada. 
"Pengawasan juga akan kita lakukan terhadap arus balik logistik usai hari pemilihan nanti, " katanya. (dvi/nak)
KPU Landak mulai Distribusi Logistik Pemilu

NGABANG - KPU Kabupaten Landak mulai mendistribusikan segala kebutuhan logistik Pemilu 2019 ke tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan).
Berbagai logistik yang didistribusikan, meliputi kotak suara, surat suara dan berbagai kebutuhan logistik pemilu seperti tinta dan alat tulis lainnya, kegiatan pendistribusian logistik tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris daerah didampingi ketua KPU Kabupaten Landak.

Target Distribusi Hingga 13 April

Pendistribusian Logistik Pemilu yang dilakukan KPU Landak, ditandai dengan pelepasan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Landak, Vinsensius didampingi oleh Ketua KPU Kabupaten Landak, Herculanus Yakobus di Gedung KPU Kabupaten Landak, Kamis (11/4/)

Herculanus dalam kesempatan itu mengatakan untuk pendistribusian tahap pertama akan didistribusikan di empat kecamatan.

"Hari ini kita mulai distribusi logistik untuk empat kecamatan yakni Air Besar, Kuala Behe, Meranti dan Sebangki," ucap Herculanus.

"Daerah ini kita pilih dikarenakan kondisi medan geografisnya dari desa ke kecamatan agak sulit. Selanjutnya, pendistribusian hari kedua akan dilaksanakan besok yakni kecamatan Menyuke, Banyuke Hulu, Menjalin dan Sompak," tambahnya.

Herculanus juga menyampaikan target pendistribusian logistik tersebut akan diselesaikan pada tanggal 13 April mendatang.

"Dalam hal ini, kita usahakan selesai tanggal 13 April, dikarenakan jadwal kita punya 14-15 logistik sudah harus bergeser dari PPK ke TPS dan pada tanggal 16 PPS serentak di distribusikan ke KPPS," jelas Herculanus.

Dalam kesempatan ini Visensius berharap agar semuanya berjalan dengan lancar, tak ada kendala dalam upaya pendistribusian tersebut.

"Saya berharap dengan sampainya logistik tersebut ke PPK, saya minta harus ada berita acara serah terima logistik dari masing-masing PPK. Dan atas nama Pemkab, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan yang sudah melakukan pengawalan pendistribusian logistik ini," ucap Visensius (hms/nak)