Memasuki Masa Tenang

Landak

Editor elgiants Dibaca : 78

Memasuki Masa Tenang
Satpol PP Landak bersama Bawaslu Landak melakukan penertiban baleho peserta Pemilu 2019 dimas tenang ini. Selain baleho, penertiban itupun dilakukan terhadap sejumlah bahan kampanye lainnya. Ist
NGABANG, SP - Memasuki masa tenang jelang hari pemungutan suara Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Landak melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK), Minggu (14/4). 

Dalam penertiban itu Bawaslu bekerja sama dengan Sat Pol PP Landak. Sebelum dilakukan penertiban, terlebih dahulu dilakukan apel bersama yang berlangsung di markas Satpol PP Landak. 
Hadir dalam apel tersebut, Plt Kasatpol PP Landak, Yonas, dua Komisioner Bawaslu Landak, Lomon dan Theresia Masyono Ursus serta personel Satpol PP yang terlibat dalam penertiban. 

Ditemui usai apel, Komisioner Bawaslu Landak, Lomon mengatakan, sebelum melakukan penertiban APK tersebut, Bawaslu Landak sudah berkoordinasi dengan para pihak terkait seperti Satpol PP, kepolisian dan KPU Landak. 

"Koordinasi yang kita lakukan itu memang sudah sesuai dengan perintah undang-undang. Makanya hari ini (kemarin,red) kita sudah siap-siap, terutama Pol PP yang akan melakukan penertiban APK disemua kecamatan di Landak, " terang Lomon. 

Dikatakannya, Bawaslu Landak juga sudah memerintahkan Panwascam untuk melakukan penertiban APK. 

"Saya berharap rekan-rekan Panwascam sudah mulai melakukan penertiban APK mulai hari ini (kemarin,red), sehingga APK dan bahan kampanye sudah bisa ditertibkan di setiap kecamatan dan harus bersih, " tegasnya.
 
Ia menambahkan, penertiban APK tersebut dilakukan pada tempat pemasangan APK yang sebelumnya sudah ditentukan.

"Termasuk APK yang berada di sekretariat parpol juga akan ditertibkan. Yang hanya ada di sekretariat parpol yakni bendera saja," terang mantan Ketua KPU Landak ini. 

Lomon juga mengatakan, sebelumnya Bawaslu Landak juga sudah memerintahkan kepada peserta Pemilu untuk menertibkan APK secara mandiri melalui surat. 

"Sebab, mereka yang pasang, mestinya mereka juga yang mencopotnya. Nah, bagi yang belum mencopot dimasa tenang ini, itu merupakan kewenangan kita untuk menertibkannya bersama Satpol PP. Jenis APK yang kita tertibkan itu meliputi baleho, bilboard, spanduk, bendera parpol di jalan dan bahan kampanye lainnya," jelas Lomon.
 
Lomon berharap saat masa tenang ini, semua APK dan bahan kampanye lainnya sudah bersih di Landak. Diharapkan juga, pada masa tenang tersebut, suasana tetap kondusif dan aman. 

"Dengan demikian, pelaksanaan Pemilu 2019 di Landak bisa berjalan aman dan kondusif. Masyarakat pemilihpun saya minta untuk mempergunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang," pinta Lomon. 

Komisioner Bawaslu Landak lainnya, Theresia Masyono Ursus mengatakan, penertiban APK tersebut sudah diatur dalam UU No. 7 tahun 2017 Pasal 275, 276, 278, 289 dan Pasal 492.

"Dalam Pasal 289 disebutkan bahwa APK Pemilu sudah harus dibersihkan oleh peserta Pemilu paling lambat tiga hari menjelang pemungutan suara, " terang mantan Komisioner KPU Landak dan KPU Kalbar ini. 

Dia menambahkan, barang bukti hasil penertiban APK itu akan disimpan sementara di masing-masing Panwascam.

"Ini sudah sesuai dengan hasil kesepakatan kami dengan Pol PP. Nanti akan kita angkut ke kabupaten, " ucapnya. 

Sementara itu, Plt Kasat Pol PP Landak, Yonas mengatakan, pelaksanaan penertiban APK itu sudah sesuai dengan Tupoksi Satpol PP. 

"Kami melaksanakan tugas penertiban APK ini sudah sesuai Tupoksi kami sebagai Satpol PP, " ujar Yonas. 

Dia mengakui, penertiban itu memang dilakukan secara bertahap hingga Selasa (16/4) mendatang atau satu hari menjelang pencoblosan yang berlangsung pada tanggal 17 April 2019.

"Dalam melaksanakan tugas ini, kami membantu Bawaslu untuk menertibkan APK,” ucapnya. 

Dijelaskannya, dalam penertiban APK itu, Satpol PP Landak melibatkan 60 personel untuk melakukan penertiban APK di 13 Kecamatan yang ada diseluruh Kabupaten Landak. 

"Penertiban ini pun kita juga berkoordinasi dengan pihak kecamatan. Saya berharap penertiban APK ini bisa berjalan aman, lancar dan tertib, tanpa hambatan, " harapnya. 

Adapun jadwal penertiban APK oleh Satpol PP Landak akan dimulai pukul 08.00 Wib hingga selesai setiap harinya. Untuk tahap pertama, dilakukan Minggu (14/4) oleh regu satu. Sasarannya di Kecamatan Menyuke, Meranti, Sompak dan Kecamatan Banyuke Hulu. 

Tahap kedua akan dilakukan Senin (15/4) oleh regu dua. Sasarannya, Kecamatan Menjalin, Mempawah Hulu dan Kecamatan Mandor. Masih dihari yang sama akan dilakukan penertiban oleh regu satu di Kecamatan Kuala Behe dan Kecamatan Air Besar. Dihari yang sama juga regu dua akan melakukan penertiban di Kecamatan Sengah Temila dan Kecamatan Sebangki. 

Tahap ketiga akan dilakukan penertiban pada Selasa (16/4) dengan sasaran Kecamatan Ngabang dan Kecamatan Jelimpo. (dvi/nak) 

APK Masih Terpampang 

Salah satu masyarakat Landak, Fransiskus sangat menyayangkan masih adanya APK Pemilu 2019 yang terpampang pada masa tenang jelang hari pemilihan 17 April mendatang. 
"Saya yakin semua parpol dan kandidat peserta Pemilu 2019 sudah mengetahui jika masa tenang sudah dimulai Minggu (14/4). Tapi mengapa masih ada APK yang terpampang pada masa tenang dihari pertama, " sesal Frans. 

Dia mengaku tidak tahu apakah parpol atau kandidat tersebut sengaja tidak mau mencopot APK yang sudah terpasang itu atau memang lupa. 

"Ini tentunya harus ada kesadaran dari para peserta Pemilu 2019. Apalagi sebelumnya Bawaslu sudah meminta peserta Pemilu supaya mencopot APK nya secara mandiri," ucapnya. 

Dia berharap kepada para peserta Pemilu 2019 di Landak, baik Parpol maupun kandidat bisa menertibkan sendiri APK nya sebelum ditertibkan Satpol PP dan Bawaslu. 

"Memang ada peserta Pemilu yang sadar dan sudah menertibkan sendiri APK nya. Bagi yang belum, silakan menertibkan sendiri APK nya dengan kesadaran sendiri, " harapnya. (dvi/nak)