Safari Ramadan di Bumi Intan

Landak

Editor elgiants Dibaca : 69

Safari Ramadan di Bumi Intan
SERAHKAN BANTUAN- Bupati Landak Karolin Margret Natasha saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat ketika melakukan safari ramadan tahun lalu. Tahun ini Kemeng Landak akan fokus safarai ke masjid-masjid yang berada di jalur sutra.
NGABANG, SP - Mengisi kegiatan bulan suci Ramadan 1440 H/2019 M, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Landak kembali akan menggelar safari Ramadan dengan mengunjungi sejumlah Masjid di Landak. Namun hingga kemarin belum diketahui kapan safari Ramadan itu dimulai.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Landak, H. Mhd Natsir mengatakan, kegiatan safari Ramadan yang akan dilaksanakan Kemenag Landak itu akan menggandeng sejumlah Ormas Islam di Landak. 

"Jadi, dalam pelaksanaan kegiatan ini, kita tidak jalan sendiri. Seperti kegiatan tahun lalu, kita kembali mengajak sejumlah Ormas Islam dan sejumlah pihak di Landak untuk terlibat dalam kegiatan tersebut, " ujar Natsir, Rabu (8/5).

Dikatakannya, untuk tahun ini jangkauan Masjid yang menjadi sasaran dalam kegiatan safari Ramadan itu, tidak jauh dari Ngabang. 

"Kalau tahun lalu, memang ada sejumlah Masjid yang jauh dari Ngabang kita kunjungi. Tapi tahun ini kita lihat situasi dan kondisi yang ada. Mungkin Masjid yang akan kita kunjungi dalam kegiatan safari Ramadan tahun ini yaitu Masjid yang berada dijalur sutra. Sedangkan Masjid yang jauh dari Ngabang, tidak banyak kita kunjungi, " katanya. 

Dia berupaya untuk memberdayakan para Kepala KUA yang ada lingkungan Kemenag Landak untuk menggelar safari Ramadan dilingkungan kerjanya.
 
"Kita juga akan memberdayakan para penyuluh Islam yang ada di daerah pedalaman untuk rutin mendatangi Masjid selama bulan puasa ini bersama KUA setempat," harapnya. 

Di bulan suci Ramadan ini, Natsir meminta kepada umat Islam di Landak untuk tetap menjalankan ibadah puasanya dengan baik dan sempurna.
 
"Di bulan suci Ramadan ini kita tetap beribadah dengan tidak melakukan perbuatan yang melanggar ajaran agama Islam. Mari kita jaga kekompakan dan toleransi, sehingga kitapun tetap aman untuk beribadah, " pintanya.
 
Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Landak, Zulkarnain mengakui, setiap tahun PDM Landak dilibatkan oleh Kemenag Landak untuk terlibat dalam kegiatan safari Ramadan.

"Tapi kita tidak tau kapan kegiatan safari Ramadan itu akan dilangsungkan. Nantipun Kemenag Landak akan melakukan persiapan pelaksanaan kegiatan safari Ramadan itu, " ujar Zulkarnain.
 
Dilingkungan PDM Landak sendiri, dia mengatakan akan tetap melaksanakan kegiatan selama bulan Ramadan ini. 

"Nanti pihak Lazismu Kalbar akan melaksanakan buka puasa bersama di Masjid Al Mujahada Desa Tebedak Kecamatan Ngabang. Kegiatan buka puasa bersama itu akan dihadiri juga sejumlah undangan dan para Muallaf dilingkungan Masjid tersebut, " jelasnya.
 
Selain itu lanjut Zulkarnain, selama bulan suci Ramadan ini juga dilakukan Shalat Tarawih berjamaah di Masjid tersebut. 
"Alhamdulillah, Masjid Al Mujahada sudah bisa kita pakai untuk melaksanakan ibadah pada tahun ini, termasuk kegiatan dibulan puasa ini. Sebab, Masjid itu baru selesai dibangun pada tahun 2019 ini, " katanya. 

Zulkarnain menambahkan, kemungkinan saja di Masjid tersebut akan dilaksanakan Shalat Idul Fitri perdana. 

"Nantinyapun kita akan lakukan rapat persiapan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Masjid tersebut. Di halaman Kantor Kemenag Landak, kita juga akan melaksanakan Shalat Idul Fitri. Apalagi setiap tahun kita melaksanakan Shalat Idul Fitri dan Shalat Idul Adha di halaman Kantor Kemenag Landak, " jelasnya. (dvi/nak)

Safari Ramadhan Kamseltibcar Lantas 

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Landak melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan Kamseltibcar Lantas di Masjid Al Barokan Karangan Mas Kecamatan Ngabang, Selasa (7/5). Kegiatan itu merupakan agenda rutin setiap bulan Ramdhan bagi Satlantas Polres Landak. 

Mereka bersilaturahmi keliling Masjid atau Surau di wilayah Kabupaten Landak. Dalam kegiatan itu merekapun meminta waktu untuk menyampaikan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) guna menyampaikan imbauan Kamsetibcar Lantas. Safari Ramadan yang dilakukan itupun sekaligus melaksanakan Operasi Keselamatan Kapuas 2019.

Menurut Kasat Lantas Polres Landak AKP Gandi melalui Kanit Dikyasa Bripka Diwan Saputra mengatakan, Ops Kamseltibcar Lantas itu dimulai sejak 29 April hingga 12 Mei mendatang.

"Sasaran Operasi Keselamatan ini diantaranya, tidak menggunakan helm SNI saat mengendarai sepeda motor, anak dibawah umur yang mengendarai sepeda motor, mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol dan narkoba, membawa orang tidak menggunakan pick up atau truck,  tidak melawan arus, tidak melengkapi kendaraan dan sepeda motor tidak boleh lebih dari dua orang, " jelasnya. 

Tidak hanya itu, para jamaah juga diingatkan, Awpabila meninggalkan rumah, pastikan pintu dan jendela terkunci dengan baik.

"Periksa juga kompor dan listrik. Pastikan dalam keadaan kompor tidak menyala. Apabila membawa sepeda motor, pastikan parkirkan kendaraan dalam aman,terkunci stang dan ganda," pintanya. (dvi/nak)