Landak Bebas Konvoi Siswa

Landak

Editor elgiants Dibaca : 89

Landak Bebas Konvoi Siswa
KELULUSAN- SMA sederajat di Landak, Senin kemarin melakukan pembagian amplop kelulusan ujian. Salah satunya di SMAN 1 Mandor. Pelaksanaan pengumuman kelulusan itu berjalan aman, lancar dan tertib. Ist
NGABANG, SP - Sejumlah SMA, SMK dan MA di Kabupaten Landak, Senin (13/5) melaksanakan pembagian amplop kelulusan ujian yang sudah ditempuh oleh peserta didik kelas XII. Pelaksanaan pembagian amplop kelulusan disejumlah sekolah di Kota Ngabang berjalan aman dan lancar. Tidak ada aksi konvoi sepeda motor dan coret-coret baju seragam sekolah. 

Seperti pelaksanaan pembagian amplop kelulusan di SMK Negeri 1 Ngabang. Tidak ada aksi apa-apa yang dilakukan oleh peserta didik dalam pembagian amplop kelulusan tersebut. Apalagi pembagian amplop kelulusan di sekolah itu diambil oleh masing-masing orang tua peserta didik. Selain itu, pembagian amplop kelulusan di sekolah itu masih diwarnai dengan suasana duka. Pasalnya, satu pelajar SMKN 1 Ngabang yang juga peserta UNBK meninggal dunia usai pelaksanaan UNBK.
 
"Sebanyak 358 peserta UNBK di SMKN 1 Ngabang yang terdaftar, pada 10 April lalu atau usai pelaksanaan ujian, ada satu peserta didik kami dari Prodi Akuntansi, Ema Sriyati meninggal dunia dikarenakan sakit. Dia aktif mengikuti berbagai macam kegiatan di sekolah. Anak ini sebenarnya sehat. Tapi rencana Tuhan lain," ujar Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Landak, Dominikus ditemui usai pembagian amplop tersebut.
 
ditengah rasa duka tersebut, Dominikus mengungkapkan rasa syukurnya karena hasil kelulusan UNBK di SMK N 1 Ngabang mencapai seratus persen. 

"Dari 358 peserta UNBK dari SMKN 1 Ngabang yang terdaftar, UNBK ini diikuti sebanyak 354 peserta. Puji Tuhan, semuanya lulus seretus persen," akunya. 

Dominikus menjelaskan, dari 1.307 peserta ujian tingkat SMK di delapan sekolah di Landak, memang sudah melakukan pengumuman kelulusan ujian. 

"Mungkin siang atau sore ini (kemarin) SMK lain di Landak akan menginformasikan jumlah persentase kelulusan yang mereka raih ke MKKS SMK Landak. Memang ada sejumlah sekolah yang sudah menginformasikan persentase kelulusannya ke MKKS Landak. Pada prinsipnya, SMK yang mengikuti ujian itu berhasil," kata Domi.

Namun demikian, dia mengaku belum bisa menyampaikan persentase kelulusan ujian SMK di Landak. 

"Kita masih menunggu informasi resmi dari masing-masing sekolah. Untuk sementara ini hanya SMK Negeri di Mempawah Hulu, Mandor dan Sengah Temila. Kami masih menunggu informasi dari sekolah lain. Kalau sejumlah SMK swasta di Landak sepertinya hasil ujiannya memuaskan, " imbuhnya.
 
Pengumuman hasil kelulusan UNBK juga dilakukan sejumlah SMA di Landak. Seperti di SMAN 1 Mandor.  "Puji Tuhan, dari hasil pelaksanaan ujian yang sudah dilakukan para peserta didik kita, memperoleh kelulusan seratus persen, " kata Kepala SMAN 1 Mandor, Salvinus.

Berkat Peran Aparat Kepolisian
 
Pelaksanaan pengumuman kelulusan yang aman dan lancar di Kabupaten Landak, Senin (13/5) tidak terlepas dari peran aparat kepolisian dijajaran Polres Landak. Seperti di SMAN 1 Kecamatan Menyuke. Polisi dari Polsek Menyuke melakukan pengamanan kegiatan pengumuman kelulusan ujian di SMAN 1 Menyuke. 

Kapolsek Menyuke Iptu R Dolok Saribu mengakui jika dia telah memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengamanan dalam rangka pengumuman kelulusan ujian SMA khususnya sekolah di wilayah hukum Polsek Menyuke. Hal itu dilakukan untuk menjaga situasi Kamtibmas, terutama di lingkungan sekolah agar pelaksanaan pengumuman kelulusan dapat terlaksana dengan aman dan lancar.

“Berikan pengamanan dan imbauan kepada para peserta didik untuk tidak melakukan aksi konvoi kendaraan yang bisa mengganggu pengguna jalan lainnya atau membahayakan keselamatan diri sendiri. Imbau mereka supaya tidak melakukan aksi corat-coret pakaian serta hal-hal negatif lainnya,” perintah Kapolsek kepada anggotanya yang melakukan pengamanan.
 
Pengamanan yang sama juga dilakukan Polsek Mandor.
 
"Selain menghadiri undangan pengumuman hasil kelulusan ujian di SMAN 1 Mandor, kita juga melakukan pengamanan pelaksanaan pengumuman kelulusan ujian itu, " kata Kanit Sabhara Polsek Mandor Ipda Sudarsum. 

Dikatakannya, tujuan pengamanan yang dilakukan polisi itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan pengumuman kelulusan itu. 

"Hal-hal itu seperti keributan, merayakan kelulusan dengan perbuatan yang berlebihan dan perbuatan negatif lainnya. Alhamdulillah, pelaksanaan pengumuman kelulusan SMA di Kecamatan Mandor berjalan aman, lancar dan tertib hingga selesai, " aku Sudarsum. (dvi/nak)