Sampaikan Pesan di Tengah Perbedaan Keyakinan

Landak

Editor elgiants Dibaca : 112

Sampaikan Pesan di Tengah Perbedaan Keyakinan
Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio memberikan Kultum di Masjid At Taubah KM 4 Ngabang-Pontianak. Meski beragama Nasrani, Kapolres tidak sungkan-sungkan memberikan Kultum di Masjid tersebut. Ist
Meskipun beragama Nasrani, Kapolres Landak AKBP Bowo Gede Imantio tak sungkan-sungkan memberikan Kuliah Tujuh Menit atau Kultum usai Shalat Isya menjelang Tarawih di Masjid At Taubah KM 4 Ngabang-Pontianak, Selasa (14/5). 

Dengan berseragam lengkap ditambah peci warna hitam dikepalanya, Kapolres memberikan Kultum kepada para jamaah Masjid At Taubah tersebut. 

Para jamaah juga sempat dikagetkan dengan kedatangan orang nomor satu dijajaran Polres Landak itu. Apalagi diantara para jamaah sudah mengetahui jika Bowo beragama non muslim dan bersedia memberikan Kultum. 

Pada kesempatan tersebut, AKBP Bowo menyampaiak Kultum dengan tema “Merajut Keberagaman Dalam Bingkai NKRI”.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Landak atas partisipasinya dalam menciptakan Pemilu yang damai dan tentram di Landak," ujar Bowo memulai Kultumnya.

Dikatakannya, keamanan menjadi kebutuhan dasar manusia agar dapat beraktivitas dengan aman dan lancar. 

"Jadikanlah Ramadhan ini ibarat musim dimana perbuatan baik tumbuh subur dalam setiap sanubari umat muslim," serunya.
Dia juga mengajak masyarakat untuk menjaga dan mempertahankan NKRI, Pancasila serta UUD 1945. 

"Sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat, Polri tetap berdiri tegak ditengah tengah masyarakat. Saya juga menyerukan masyarakat untuk menghargai hasil Pemilu yang telah terlaksana. Mari kita hormati penyelenggaranya yang telah bekerja sepenuh hati," serunya.

 Diakhir kegiatannya, Kapolres yang didampingi sejumlah pejabat utama Polres Landak menyerahkan cindramata berupa kitab suci Al-Quran kepada pengurus Masjid At-Taubah.

Sementara itu, salah satu jamaah Masjid At Taubah, Soleh mengaku terharu dengan kedatangan Kapolres yang berbeda agama dengannya. 

"Saya cukup terharu dengan kedatangan Bapak Kapolres bersama rombongan di masjid ini. Apalagi beliau sampai memberikan Kultum, " aku Soleh. 

Ia menganggap, kedatangan kapolres ke Masjid tersebut melambangkan keharmonisan dalam ber Bhineka Tunggal Ika.

"Saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pak Kapolres bersama jajarannya. Dengan kedatangan Pak Kapolres bersama jajarannya ini, mudah-mudahan keharmonisan antara polisi dengan masyarakat akan lebih terjalin dengan baik lagi, " harapnya. 

Senada dengan kapolres, dia juga meminta masyarakat Landak untuk tetap menjaga Kamtibmas pasca pelaksanaan Pemilu 2019 ini.
 
"Mari pertahankan dan tingkatkan terus Kamtibmas yang sudah terjalin dengan baik di Landak. Kitapun hidup berbeda agama di Landak ini supaya tetap menjaga kekompakan dan menjalin hubungan silaturahmi yang baik," pintanya. (dvi/nak)