SDN 07 Mentoyek Launching Kantin Gizi Pertama di Landak

Landak

Editor elgiants Dibaca : 40

SDN 07 Mentoyek Launching Kantin Gizi Pertama di Landak
LAUNCHING - Camat Mempawah Hulu, Paolip melaunchingkan kantin gizi di SDN 07 Mentonyek Kecamatan Mempawah Hulu. Kantin gizi itu merupakan kantin gizi pertama di Landak, bahkan di Kalbar. Ist
NGABANG, SP - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 07 Mentonyek melakukan launching kantin gizi bagi peserta didiknya, Senin (21/5). Launching itu dihadiri  Camat Mempawah Hulu, Kapolsek Mempawah Hulu yang diwakili Bhabinkamtibmas, Danramil Karangan diwakili Babinsa, Kepala Puskesmas Karangan, dewan guru dan wali murid. 

Kepala Puskesmas Karangan, Marta Rahayu yang juga selaku pengawas mengatakan, kantin gizi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesehatan gizi anak sekolah. Selain itu untuk 

mengurangi angka stunting atau gizi buruk, sehingga perumbuhan peserta didik di SDN 07 Mentonyek sesuai dengan pertumbuhan umur anak tersebut.

"Tentunya pihak Puskesmas Karangan juga mengawasi asupan gizi anak-anak SD tersebut. Diharapkan semua pihak berinisiatif membuat gerakan kesehatan di sekolah tingkat dasar untuk memberikan edukasi makanan yang sehat, aman, dan terjangkau," harap Marta.

Dia juga berharap, keberadaan kantin gizi itu juga melibatkan peran dari berbagai pihak.

"Pihak tersebut seperti siswa, guru, orang tua, perangkat desa dan jajaran Muspika Mempawah Hulu serta pihak terkait lainnya," katanya.

Kapolsek Mempawah Hulu yang diwakili Bhabinkamtibmas Brigadir Riswantoro berharap 

agar kantin gizi itu bisa dilaksanakan terus menerus. 

"Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting untuk mengawasi pola makan anaknya dirumah, tidak hanya bergantung dengan kantin gizi yang ada di sekolah," pintanya. 

Dia menambahkan, kantin gizi tersebut baru ada di tiga provinsi di Indonesia yang sudah melakukan launching. 

"Provinsi itu yakni, Medan, Jakarta dan Kalbar sendiri di SDN 07 Mentonyek Kecamatan Mempawah Hulu," terangnya. (dvi/nak)