Jelang Lebaran, Dishub Ram Check Kendaraan

Landak

Editor elgiants Dibaca : 85

Jelang Lebaran, Dishub  Ram Check Kendaraan
Petugas gabungan Dishub Bengkayang bersama instansi terkait saat melakukan kegiatan Ram Check terhadap kendaraan angkutan umum dan barang. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka jelang hari raya Idul Fitri.
NGABANG, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak melalui Dinas Perhubungan melakukan kegiatan Ram Check kendaraan angkutan umum dan angkutan barang  yang digelar di terminal bus Ngabang, Rabu (29/5). 

Kegiatan itu juga melibatkan sejumlah unsur tim gabungan yang terdiri dari Sat Lantas Polres Landak, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Jasa Raharja dan Samsat Ngabang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Landak, Ependi mengatakan, kegiatan Ram Check itu dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan angkutan umum dan barang yang digunakan oleh pemudik jelang Idul Fitri 1440 H/2019 M. 

“Hari ini kita melakukan kegiatan ram check untuk kendaraan angkutan umum dan angkutan barang. Ini sudah merupakan instruksi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Jadi, setiap menghadapi jelang hari raya diwajibkan untuk melakukan ram check terhadap kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang,” jelas Ependi.

Kegiatan itupun melibatkan sejumlah unsur tim gabungan. Hal itu mengingat pengecekan yang dilakukan adalah mulai dari kesehatan pengemudi, surat kendaraan hingga kondisi kendaraan bersangkutan.

“Kita melibatkan beberapa unsur mulai dari Sat Lantas Polres Landak, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak dan Samsat Ngabang. Pertama yang kita cek adalah kesehatan dari supir. Kemudian, surat-surat kendaraan dan kelayakan kendaraan mulai dari ngecek ban, rem, klakson dan hal lain yang menyangkut keselamatan pada kendaraan,” terangnya. 

Ependi berharap, dengan pengecekan yang dilakukan terhadap kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang itu, tentunya bisa lebih aman dan keselamatan penumpang bisa terjamin.

“Yang jelas harapan kita angkutan lebaran tahun ini bisa lebih aman. Artinya, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Sebab, kesiapan kendaraan ini perlu kita cek agar aman dan lancar, sehingga keselamatan penumpang bisa terjamin,” tandasnya.

Di Kabupaten Bengkayang hal sama juga dilakukan, untuk menekan angka kecelakaan jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkayang melakukan pemeriksaan kendaraan layak jalan bermotor angkutan umum di pusat kota Kecamatan Bengkayang, Rabu(29/5) kemarin.

Dalam operasi Ram Check tersebut masih banyak ditemukan angkutan umum dengan kondisi tidak layak jalan. 

Anggota DPRD kabupaten Bengkayang, Esidorus menghimbau seluruh pengemudi  angkutan umum di Kabupaten Bengkayang agar tak menaikkan penumpang di atas atap bus. Hal tersebut dinilai penting guna menghindari terjadinya kecelakaan dalam berlalu lintas.
 
"Jika masih ditemukan  sebaiknya dinas terkait bersama pihak kepolisian bertindak secara tegas," pinta Esidorus ditemui, Kamis (30/5).

Esidorus juga berharap agar pengemudi angkutan umum mematuhi aturan berlalu lintas, diantaranya  tidak menginzinkan penumpang naik ke atas atap kabin bus, termasuk naik dengan cara bergantung. Sehingga tidak membahayakan penumpang yang berakibatkan fatal. (dvi/nar/nak)

Banyak Ankutan Tak Layak Operasi

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkayang, Yustianus mengatakan pemeriksaan atau Ram Check ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan sekaligus menjamin keamanan penumpang arus mudik libur lebaran tahun 2019. 

"Dari hasil pemeriksaan petugas Dishub Bengkayang masih kita temukan rata-rata angkutan umum tak layak operasi, seperti kondisi ban gundul, lapuk, sen tak berfungsi, dan kondisi body angkutan keropos," terangnya. 

Yustianus mengatakan, Ram Check dilakukan secara menyeluruh dari kelengkapan surat kendaraan, fungsi rem, klakson, spion dan uji emisi. Bagi angkutan umum tak layak operasi ini kemudian diberi teguran untuk segera memperbaiki kelengkapan kendaraan rusak sebelum terjadi lonjakan penumpang arus mudik lebaran.

"Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas atau pun lonjakan penumpang saat mudik lebaran, Dishub akan mendirikan posko pemantau arus mudik yang bekerjasama dengan Pol PP kabupaten Bengkayang dalam waktu dekat," ucapnya. (nar/nak)