Persiapan Pensiun, 180 PNS Pemkab Landak Ikut Pembekalan

Landak

Editor elgiants Dibaca : 94

Persiapan Pensiun, 180 PNS Pemkab Landak Ikut Pembekalan
PURNA TUGAS - Sekda Landak, Vinsensius memberikan arahan saat menghadiri kegiatan pembekalan terhadap PNS dilingkungan Pemkab Landak yang akan memasuki masa pensiun. Sebanyak 180 PNS dilingkungan Pemkab Landak akan memasuki masa pensiun. Ist
NGABANG, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) memberikan pembekalan menjelang purna tugas bagi PNS dilingkungan Pemkab Landak. Kegiatan pembekalan itu dilaksanakan di aula besar Kantor Bupati Landak, Selasa (11/6).

Kegiatan pembekalan itu dihadiri 180 orang PNS yang akan pensiun. Mereka terdiri dari 154 orang tenaga fungsional seperti guru, perawat, penyuluh pertanian dan penyuluh KB. Kemudian, 26 orang lagi merupakan tenaga struktural dengan golongan ruang I/B sampai dengan IV/a.

Kegiatan pembekalan itu pun menghadirkan narasumber dari PT. Taspen, pihak Bank Kalbar cabang Ngabang, Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Landak dan dari BKPSDM Landak.

Kepala BKPSDM Landak, Marsianus mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan tersebut, selain untuk memberikan wawasan kepada PNS yang akan memasuki masa pensiun, juga untuk memberikan bekal mengenai cara merintis usaha sesuai dengan minat dan bakat saat sudah pensiun nanti.

“Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini antara lain untuk memberikan wawasan kepada para PNS yang akan pensiun, sehingga PNS tersebut siap menghadapi masa pensiun dan bisa mempersiapkan kegiatan disaat purna tugas nanti,” ujar Marsianus.

“Kemudian juga untuk membuka wawasan cara merintis usaha sesuai minat dan bakat peserta, sehingga nantinya pada masa purna tugas para pensiunan bisa memiliki usaha,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Sekda Landak, Vinsensius saat mewakili Bupati Landak menyampaikan arahan kepada PNS yang hadir. Dia meminta para PNS yang akan memasuki masa pensiun agar mempersiapkan diri.

“Melalui pembekalan ini diharapkan membuka wawasan dan pemikiran peserta untuk memilih alternatif aktivitas dan kegiatan. Bahkan, peluang usaha baik skala kecil maupun besar untuk mempersiapkan diri dalam mengisi kegiatan masa pensiun nanti,” harapnya. 

Dia berharap para PNS yang akan memasuki masa pensiun nantinya bisa tetap produktif dan terus berkarya, sehingga menjadi teladan ditengah masyarakat.

“Saya ingin Bapak/Ibu nantinya tetap produktif dan memiliki kemapuan finansial yang memadai, sehingga bisa menjadi teladan bagi masyarakat terutama membangun jiwa kewirausahaan dan kemandirian,” harap Vinsen.

Sekda pun mengimbau kepada para peserta yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan itu untuk mengembangkan pengetahuan dan mau untuk menerima saran maupun masukan sebagai bekal untuk memasuki masa pensiun nanti.

“Kepada seluruh peserta diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengembangkan pengetahuan dan mau memperhatikan berbagai saran dan masukan dari narasumber mengenai bagaimana mengisi kekosongan waktu selama masa pensiun,” pungkasnya. (dvi/nak)