Pemkab dan Polres Landak Bersinergi Hadapi IRSA

Landak

Editor elgiants Dibaca : 71

Pemkab dan Polres Landak Bersinergi Hadapi IRSA
RAPAT PERSIAPAN - Pemkab bersama Polres Landak menggelar rapat persiapan dalam keikutsertaannya pada program ISRA. Baik Bupati Landak dan Kapolres Landak meminta agar semua pihak terlibat untuk mempersiapkan diri dengan baik. Ist
NGABANG, SP - Indonesia Road Safety Award (IRSA) merupakan program penghargaan terhadap kota dan Kabupaten terbaik dalam hal penerapan program-program keselamatan di jalan raya dengan penilaian pada pilar-pilar road safety di lingkungan pemerintah. 

Pilar tersebut yakni pilar manajemen keselamatan jalan, pilar jalan yang berkeselamatan, pilar kendaraan yang berkeselamatan, pilar penggunaan jalan yang berkeselamatan dan pilar perawatan paska kecelakaan.

IRSA merupakan rangkaian kegiatan dengan tujuan untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungan pemerintahan.

Dengan adanya IRSA itu, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa bersama Kapolres Landak, AKBP Bowo Gede Imantio dan jajaran terkait melakukan rapat kesiapan Pemkab Landak dan Polres Landak untuk mengikuti ajang tingkat nasional tersebut.

“Saya meminta kepada OPD terkait untuk mempersiapkan data-data awal yang berkaitan dengan lomba dan berkoordinasi dengan pihak Polres Landak yang merupakan leading sector penghargaan Indonesia Road Safety Award dalam kurun waktu satu minggu ini,” ujar Bupati Landak, Karolin Margret Natasha, Rabu (12/6).  

Pada prinsipnya, Pemkab landak mendukung seluruh kegiatan, terutama dalam hal membangun Kabupaten Landak. Selain itu kegiatan ini menjadi hal baik, karena adanya kesatuan data antara Pemkab Landak dengan Polres Landak,” lanjutnya lagi.

Adapun penilaian dibagi menjadi empat kategori penilaian berdasarkan tingkat kepadatan penduduk. Penilaian itu yakni kota dengan kepadatan penduduk tinggi, Kabupaten dengan kepadatan penduduk tinggi, kota dengan kepadatan penduduk rendah, Kabupaten dengan kepadatan penduduk rendah serta penghargaan khusus yakni Kota/Kabupaten dengan program inovasi terbaik dalam upaya meningkatkan tata kelola keselamatan jalan, Kota/Kabupaten pada upaya meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum, Kota/Kabupaten terbaik pada upaya meningkatkan kualitas sarana pejalan kaki yang berkeselamatan, Kota/Kabupaten terbaik pada upaya menurunkan rata-rata angka kecepatan kendaraan.

“Yang terpenting, pada akhirnya kita bukan berorientasi pada predikat atau penghargaan yang kita dapatkan. Tetapi berharap dengan adanya proses ini, kita mengikuti lomba ini ada hal-hal yang secara sinergis bisa kita rumuskan untuk kepentingan kita dimasa yang akan datang, terutama pada data-data yang nanti akan kita kumpulkan. Ini bisa dijadikan bahan perumusan suatu kebijakan-kebikan untuk pembangunan di Kabupaten Landak,” harap Karolin. 

Sementara itu, Kapolres Landak, AKBP Bowo Gede Imantio menjelaskan terkait teknis dari tahapan-tahapan yang harus dilakukan Pemkab Landak dan Polres Landak dalam mengikuti Indonesia Road Safety Award, sehingga mampu memberikan nama baik Kabupaten Landak di tingkat nasional.

“Jadi, pekerjaan yang paling utama kita adalah melengkapi persyaratan administrasi. Hal ini menjadi pekerjaan yang serius karena membawa nama baik dari Kabupaten Landak, sehingga diharapkan pihak Polres Landak dalam hal ini Satlantas Polres Landak dan dinas-dinas Pemkab Landak yang terkait mampu bekerjasama dalam menyiapkan data-data yang akan kita berikan,” terang Bowo. (dvi/nak)

Ingin Bawa Hasil Terbaik

Kasatlantas Polres Landak AKP Gandi Darma Yudanto mengatakan, program IRSA merupakan program penghargaan terhadap kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan program-program keselamatan di jalan raya.

"Untuk mengikuti kegiatan itu, kita menggelar rapat dengan tujuan untuk mengecek kesiapan Kabupaten Landak dalam mempersiapkan IRSA," ujar Gandi. 

Dikatakannya, IRSA itu pun juga melibatkan sejumlah instansi terkait di Pemkab Landak. Menurut Gandi sinergi antara Pemkab Landak melalui OPD terkait dengan pihak Polres Landak menjadi penting dalam mengumpulkan data-data yang ada dan berkaitan dengan bahan untuk mengikuti lomba.

"Kita berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan membawa hasil yang terbaik pula,” pungkasnya. (dvi/nak)