Jumat, 15 November 2019


Polsek Ngabang Gelar Lomba Poskamling Siaga

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 82
Polsek Ngabang Gelar Lomba Poskamling Siaga

LOMBA - Polsek Ngabang, Kompol B Sembiring saat turun melakukan penilaian lomba Poskamling Siaga. Lomba itu digelar dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 73 tahun 2019. Ist

Enam Poskamling di Kota Ngabang menjadi sasaran Sidak dari tim Polsek Ngabang, Jumat (28/6) malam. Sidak yang dilakukan itu dalam rangka penilaian lomba Poskamling Siaga dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019. 

Penilaian itu dimulai dari pukul 21.30 Wib hingga pukul 00.30 Wib. Tim penilaian dipimpin langsung Kapolsek Ngabang, Kompol B Sembiring. Saat penilaian tersebut, tim penilai bergerak secara acak menyasar Poskamling yang telah terdata mengikuti lomba. 

Menurut Kapolsek, lomba Poskamling siaga yang digelar dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-73 itu cukup menyedot perhatian sebagian warga kota Ngabang. Apalagi kegiatan lomba itu merupakan kegiatan pertama kalinya dilaksanakan. 

"Ada empat desa yang berpartisipasi mengikuti lomba Poskamling siaga itu. Empat desa itu yakni Desa Hilir Kantor, Desa Hilir Tengah, Desa Raja dan Desa Amboyo Inti," terang  Kompol Sembiring, Minggu (30/6).

Dikatakannya, Poskamling yang menjadi sasaran penilaian tim Polsek Ngabang meliputi Poskamling gabungan RT 08 & RT 09, RW 04 Dusun Pesayangan Desa Raja. Poskamling RT 04 RW 10 Dusun Selojeng Desa Hilir Kantor, Poskamling RW 01 Dusun Sungai Buluh Desa Hilir Kantor.

"Selain itu ada Poskamling RT 02 RW 02 Dusun Maniamas Desa Hilir Kantor, Poskamling gabungan RT 02, RT 04 dan RT 05 RW 04 Dusun Ria Sinir Desa Hilir Kantor, Poskamling gabungan RT 01, RT 03 dan RT 06 RW 04 Dusun Ria Sinir Desa Hilir Kantor," jelasnya.
Dikatakan Kompol Sembiring, ada empat kriteria penilaian dalam lomba Poskamling siaga itu.

"Penilaian itu meliputi, bentuk dan kelayakan pos, kelengkapan peralatan pos, keindahan dan kebersihan pos serta kesiapsiagaan awak Poskamling. Dalam penilaian itu kita lakukan pengecekan secara acak," terangnya. 

Kala mendampingi Kapolsek Ngabang, Kades Hilir Kantor, Yohanes mengapresiasi perlombaan yang dilaksanakan Polsek Ngabang. Dia menilai, kegiatan lomba itu membawa manfaat bagi lingkungan masyarakat luas. 

"Kita sangat mengapresiasi. Bila perlu tiap tahun dilaksanakan kegiatan lomba ini," harap Yohanes. 
Hal sama juga dikatakan Kades Hilir Tengah, Noliadi. 

"Saat ini kami sudah mengaktifkan kembali kegiatan Poskamling di desa kami. Alhamdulillah, hingga saat ini Poskamling itu masih terus berjalan, " aku Noliadi. 

Ia menyebut saat ini Desa Hilir Tengah juga ditunjuk sebagai desa mandiri bersama tiga desa lainnya di Kabupaten Landak. 
"Kegiatan Poskamling ini pun juga masuk dalam kriteria penilaian dalam lomba desa mandiri. Selain Poskamling, persiapan lain yang berhubungan dengan desa mandiri juga kita siapkan. Salah satunya seperti taman baca yang masih dalam tahap pembangunan," tuturnya.

Noliadi mengaku, kegiatan Poskamling yang ada di Desa Hilir Tengah juga mendapat pembinaan dari Polres Landak dan Polsek Ngabang. 

"Kita juga diberikan bantuan peralatan penunjang untuk kegiatan Poskamling. Kami atas nama masyarakat Desa Hilir Tengah mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polres Landak yang sudah mendukung kegiatan Poskamling di desa kami," tandasnya. (dvi/nak)