DPPKP Landak Pemeriksaan 169 Hewan

Landak

Editor elgiants Dibaca : 74

DPPKP Landak Pemeriksaan 169 Hewan
PEMERIKSAAN - DPPKP Landak melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebelum disembelih. Pemeriksaan yang dilakukan untuk menjamin daging hewan kurban Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Ist
Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Bidang Peternakan, melakukan pengawasan proses penyembelihan hewan kurban hingga pendistribusian daging di tempat-tempat ibadah di 13 Kecamatan di Landak, kemarin.

Tujuan pengawasan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan itu untuk menjamin daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat, Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa mengapresiasi tindakan yang dilakukan DPPKP Landak. Menurutnya, pengawasan penyembelihan hewan kurban merupakan upaya penjaminan kesehatan dan kelayakan daging kurban pada pelaksanaan ibadah kurban.

"Ini tentunya dilakukan demi menjaga kesehatan dan kelayakan daging kurban pada pelaksanaan ibadah kurban," ujar Karolin," Senin (12/8).

Bupati juga menyampaikan, pemeriksaan setelah proses penyembelihan, juga tidak kalah penting. Oleh karena itu, petugas akan melakukan pemeriksaan.

"Jika ditemukan kelainan pada organ hewan kurban yang telah disembelih, maka hewan kurban yang telah disembelih tersebut tidak boleh dikonsumsi," katanya. 

Kepala Bidang Peternakan DPPKP Landak, Intan Aryani menjelaskan, pemeriksaan hewan kurban meliputi pemeriksaan kesehatan hewan, tidak cacat dan umur hewan. 

"Hewan kurban harus benar-benar sehat dan layak untuk disembelih. Hewan juga harus cukup umur, tidak cacat dan dalam kondisi sehat," jelasnya.

Pemeriksaan hewan kurban, selain menjamin hewan kurban bebas penyakit zoonosis yang berpotensi menular dari hewan ke manusia, juga memastikan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban agar memenuhi persyaratan syariat Islam dan kesejahteraan hewan. 

"Selain itu pendistribusian daging kurban yang memenuhi persyaratan higienis dan sanitasi serta keamanan pangan perlu menjadi perhatian," tegasnya. 

Intan juga menyampaikan, ada sekitar 169 ekor hewan kurban di Landak yang dilakukan penyembelihan pada hari raya Idul Adha tahun ini. Jenis hewan kurban yang disembelih itu yakni, sapi dan kambing.

"Rinciannya, sapi berjumlah 84 ekor dan kambing berjumlah 85 ekor," terangnya. (dvi/jee)