Kamis, 19 September 2019


Pupuk Kembali Semangat Gotong Royong

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 68
Pupuk Kembali Semangat Gotong Royong

GOTONG-ROYONG- Dalam rangka HUT RI, masyarakat Desa Darit Kecamatan Menyuke menggelar kegiatan gotong royong. Pemkab Landakpun merespon positif kegiatan tersebut. Ist

Pupuk Kembali Semangat Gotong Royong Gotong-royong merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia. Merupakan kepribadian bangsa dan budaya yang telah berakar dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu, semangat gotong royong yang mulai memudar di tengah masyarakat modern perlu dibangun kembali.

Kegiatan gotong-royong yang dilakukan Pemerintah Desa Darit dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia pun mendapat apresiasi positif dari  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak. Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menyampaikan, apa yang dilakukan Desa Darit  merupakan hal yang patut ditiru oleh desa lainnya.

“Kita tentu sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang digelar di Desa Darit tersebut. Hal ini perlu ditiru oleh desa lainnya. Selain bertujuan menyambut hari Kemerdekaan kita, kegiatan ini juga penting dilakukan untuk kehidupan yang lebih baik dan sehat," ujar bupati, Rabu (14/8).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa tersebut melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), anggota TNI/Polri serta para pelajar untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan Pasar Darit.

"Selain dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan RI, hal ini dilaksanakan juga untuk memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat sekitar dan juga anak-anak sekolah supaya menyadari akan pentingnya pola hidup yang bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Karolin yang juga seorang dokter ini.

Sementara itu, dalam arahannya, Camat Menyuke,Hery Mulyadi, memberikan pengarahan kepada anak-anak sekolah akan budaya hidup bersih dan sehat merupakan cerminan dari masyarakat itu sendiri.

“Kebersihan dimulai dari diri kita sendiri dulu, keluarga dan kemudian lingkungan. Jika semua itu diterapkan sedini mungkin, maka kita juga yang akan diuntungkan, karena hal ini merupakan kebutuhan dasar kita sebagai manusia,” ujar Hery.

Dia juga berharap, kegiatan bakti sosial tersebut lebih sering dilaksanakan supaya menumbuhkan kembali semangat gotong-royong dalam kehidupan bermasyarakat.

 “Tentunya kegiatan positif yang kita laksanakan hari ini merupakan bentuk kerjasama kita semua. Kita berharap hal tersebut tidak hanya dilaksanakan dalam hari-hari besar, melainkan lebih sering lagi guna memupuk semangat gotong-royong masyarakat di sini,” harapnya. (dvi)