Kamis, 19 September 2019


Jamaah Haji Landak Akan Segera Dipulangkan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 83
Jamaah Haji Landak Akan Segera Dipulangkan

RAKOR - Kantor Kemenag Landak menggelar rapat koordinasi kepulangan jamaah haji asal Landak. Diharapkan, para jamaah haji yang tinggal di Landak bisa pulang secara bersama-sama ke Ngabang.

NGABANG, SP - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Landak kembali menggelar rapat koordinasi kepulangan jamaah haji asal kabupaten tersebut di aula Kantor Kemenag Landak, Kamis (22/8). Rakor itu sendiri dipimpin langsung Kepala Kantor Kemenag Landak, H. Mhd Natsir. Hadir dalam rakor itu, sejumlah instansi terkait dilingkungan Pemkab Landak, Polres Landak, sejumlah Ormas Islam dan peserta lainnya.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Landak, H. Mhd Natsir mengatakan jamaah haji asal Landak akan pulang ke tanah air dari Jeddah pada 27 Agustus mendatang melalui Embarkasi Batam pada pagi hari waktu Indonesia.

"Nginap semalam di asrama haji Batam, tanggal 28 Agustus mendatang atau dipagi hari, jamaah haji kita pulang menuju Pontianak. Setelah semuanya selesai, jamaah haji kita langsung pulang lagi ke Landak melalui asrama haji Pontianak.
Diperkirakan akan tiba di Landak pada sore hari dan akan dilakukan penyambutan di aula Kantor Kemenag Landak," ujar Natsir.

Dikatakannya, rakor yang dilakukan itu supaya proses kepulangan jamaah haji asal Landak bisa berjalan lancar.

"Kita ingin penyambutan jamaah haji ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Jadwal yang sudah dibuat panitia, Insha Allah tidak akan berubah. Kita juga sudah meminta panitia supaya jamaah haji Landak bisa dipulangkan lebih awal ke Landak," pintanya.

Dia juga berharap kepada semua jamaah haji yang tinggal di Landak bisa pulang ke Ngabang secara bersama-sama.

"Memang ada sejumlah jamaah haji kita tinggal di Sungai Ambawang. Nanti mereka akan pulang ke Sungai Ambawang. Kalau mereka ikut juga ke Ngabang, tentu kita akan kerepotan lagi memulangkannya lagi ke Sungai Ambawang," katanya.

Natsir juga meminta bantuan dari Polres Landak untuk melakukan pengawalan kepulangan jamaah haji asal Landak dari Pontianak. Diapun meminta kepada Polres Landak untuk melakukan pengamanan dilokasi penyambutan jamaah haji.

"Suksesnya kepulangan jamaah haji merupakan hasil dari kerja sama kita semua. Oleh karena itu, koordinasi dengan kami harus sering dilakukan oleh instansi maupun pihak terkait lainnya. Mudah-mudahan kepulangan para jamaah haji Landak ke Ngabang berjalan lancar dan tidak menemui kendala apapun," pinta Natsir.

Dia juga mengucapkan rasa syukurnya karena 57 jamaah haji asal Landak dalam keadaan sehat walafiat semuanya.
"Semoga saja sampai tiba di Landak semuanya dalam keadaan sehat walafiat juga," doanya.

Sementara, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Landak, H. Al yakob mengharapkan kepada semua jamaah haji yang tinggal di Landak bisa pulang bersama-sama ke Ngabang.

"Sebab, waktu perginyakan sama-sama. Diharapkan juga dengan kepulangannya harus sama-sama juga, " pinta Yakob.
Dikatakannya, masalah yang paling besar dalam proses kepulangan jamaah haji asal Landak, yakni bagaimana mendatangkan jumlah jamaah haji asal Landak yang tinggal di Landak untuk sama-sama sampai ke Ngabang dalam suatu rombongan.

"Sebab, hal ini sudah sering terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Itu tugas kita untuk memberikan pengertian para jamaah haji kita supaya pulang bersama-sama ke Ngabang," pintanya.

Dia tetap berharap, kepulangan jamaah haji tahun ini bisa berjalan lancar.
"Makanya kita melaksanakan kegiatan rapat koordinasi ini supaya kegiatan kepulangan jamaah haji kita bisa berjalan lancar, tanpa hambatan," ucapnya. (dvi)