Sabtu, 21 September 2019


Pilkades Landak Tahap DPS

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 97
Pilkades Landak Tahap DPS

Ilustrasi Pilkades

NGABANG, SP - Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak tahun 2019 di Kabupaten Landak sudah memasuki tahap penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Penyusunan DPS itu akan dilaksanakan pada 6-10 September mendatang.

Seperti yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Raja Kecamatan Ngabang. Mereka mulai melakukan penyusunan DPS Pilkades Raja.

"Tahapan penyusunan DPS ini sudah kita lakukan. Untuk pendataan DPS ini kita mengikuti Perbup No. 141 yang menyebutkan jika daftar pemilih ini kita ambil data pemilih dari Pemilu 2019 lalu. Oleh karena itu, kita tetap melakukan koordinasi dengan KPU Landak berkenaan dengan data pemilih ini, " ujar Ketua PPKD Raja, Ya' Iwan Fitri, Minggu (8/9).

Menurutnya, PPKD Raja sendiri sudah melakukan koordinasi dengan KPU Landak berkenaan dengan data pemilih itu. Mereka juga sudah menyiapkan dan memperbanyak DPS tersebut.

"Kita tinggal menyusunnya saja. Nantinya DPS ini akan kita plenokan dan akan diumumkan kepada masyarakat pada tanggal 11-13 September mendatang. Kita berharap nantinya masyarakat bisa pro aktif untuk melihat namanya di DPS. Kita khawatirkan nanti akan ada nama warga yang tidak masuk dalam DPS," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk Pilkades Raja akan disiapkan 13 TPS. Jumlah TPS itu sama dengan TPS pada Pemilu 2019 lalu.

"Sedangkan untuk jumlah DPS di Desa Raja sebanyak 3.084 pemilih. Setelah pengumuman DPS, akan ada laporan keberatan masyarakat terkait penetapan DPS. Kalau nanti ada warga yang tidak masuk dalam DPS, bisa menghubungi PPKD Raja di Sekretariat PPKD Raja di Kantor Desa Raja. Nanti akan ada perbaikan DPS untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT)," jelas mantan Ketua PPS Desa Raja Pemilu 2019 ini.

Dia juga meminta aparatur desa mulai dari RT sampai Kadus untuk rutin melakukan koordinasi dengan PPKD terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak.

"Untuk saat ini memang sudah ada sejumlah Balon Kades Raja yang sudah mengambil formulir pendaftaran ke PPKD. Sedangkan tahapan penjaringan Cakades akan dilakukan pada tanggal 21 September hingga tanggal 29 September mendatang. Kita juga sudah melakukan pengumuman penjaringan Cakades Raja kepada masyarakat. Untuk hari pencoblosan Pilkades serentak akan dilakukan pada 18 November mendatang, " terang anggota BPD Raja ini.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Landak juga tidak terlepas dari situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Seperti yang dilakukan oleh Polsek Mempawah Hulu yang juga ikut pada pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 ini.

"Ada lima Desa di Kecamatan Mempawah Hulu yang akan melaksanakan Pilkades serentak nanti. Kelima desa itu yakni Desa Babant, Mentonyek, Sabaka, Sungai Laki dan Desa Tunang, " jelas Kapolsek Mempawah Hulu Ipda Zulianto.

Diakuinya, untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak di Kecamatan Hulu, pihaknya baru membuat perencanaan pengamanan.

"Sebab kita belum bisa menentukan berapa banyak jumlah personel kita yang akan dilibatkan dalam pengamanan. Apalagi kita belum ada petunjuk dari Polres. Tapi kami siap melaksanakan pengamanan Pilkades serentak tahun 2019 ini," ucap Zulianto.

Untuk data pemilih yang dikhawatirkan akan menimbulkan masalah, dia mengatakan, data pemilih akan memakai data pemilih pada Pemilu 2019 lalu.

"Sekarang ini sesuai jadwal, PPKD sedang menyusun DPS. Nantinya DPS ini akan diumumkan ke masyarakat untuk dicermati. Kalau ada warga pemilih yang tidak terdata dalam DPS, silakan menghubungi PPKD, petugas KPPS dan aparatur desa setempat. Ini untuk menghindari masalah yang terjadi pada data pemilih ini," ungkapnya.

Dia mengakui, dari lima desa yang akan ikut Pilkades serentak, untuk sementara ini tidak ada desa yang dianggap rawan.

"Untuk sementara ini situasi Kamtibmas di desa yang akan melaksanakan Pilkades itu masih aman dan kondusif. Apalagi kita sudah tau bagaimana karakter dari penduduk yang akan melaksanakan Pilkades itu. Selain itu, kita juga sudah menjalin koordinasi dengan para tokoh yang ada di desa dan aparatur desa yang akan melaksanakan Pilkades itu," akunya. (dvi)

Kamtibmas Kondusif

Ketua RT 15/RW 02 Dusun Martalaya Desa Raja Kecamatan Ngabang, Zulkarnain menegaskan jika situasi Kamtibmas di lingkungan RT nya masih aman dan kondusif. Belum ada gejolak-gejolak di tengah-tengah masyarakat yang timbul akibat adanya persaingan dalam pelaksanaan Pilkades serentak itu.

"Untuk sementara ini situasi Kamtibmas dilingkungan RT saya masih aman dan kondusif jelang Pilkades serentak pada November mendatang. Saya juga sudah mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas dilingkungan RT jelang Pilkades serentak di Desa Raja, " ujarnya.

Dia juga sudah melakukan sosialisasi pelaksanaan tahapan pelaksanaan Pilkades serentak di Landak kepada masyarakatnya.

"Setiap berbagai kesempatan bertemu dengan masyarakat RT, saya selalu memberikan sosialisasi pelaksanaan Pilkades serentak dan mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas dilingkungan RT kita, " katanya.

Dia pun sering melakukan koordinasi dengan pihak Bhabinkamtibmas Desa Raja terkait dengan situasi Kamtibmas.

"Saya dengan Bhabinkamtibmas Desa Raja sering melakukan koordinasi berkaitan dengan Kamtibmas, terutama terkait dengan Pilkades serentak. Setiap ada gangguan yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas dilingkungan RT, saya selalu melaporkan ke Bhabinkamtibmas," akunya. (dvi)