Minggu, 20 Oktober 2019


PPKD Raja Tetapkan DPT Pilkades

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 84
PPKD Raja Tetapkan DPT Pilkades

Ilustrasi

NGABANG, SP - Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Raja Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak menggelar rapat pleno penetapan DPT Pilkades Raja tahun 2019 di gedung pertemuan Desa Raja, Selasa (17/9). 

Rapat pleno itu dibuka dan dipimpin Ketua PPKD Raja, Ya' Iwan Fitri. Rapat pleno itupun dihadiri dan diikuti anggota Sekdes Raja, Arman, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Raja, Efendi Arsyad, para Kepala Dusun (Kadus), para Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Ketua PPKD Raja, Ya' Iwan Fitri mengatakan, DPT Pilkades Raja ditetapkan sebanyak 3.039 pemilih.

"Sebelumnya DPS Pilkades Raja ditetapkan sebanyak 3.084 pemilih. Pemilih itu tersebar di 13 TPS di Desa Raja. Jadi, DPT Pilkades Raja ini berkurang sebanyak 45 pemilih dari DPS sebanyak 3.084," ujar Ya' Iwan.

Ditegaskannya, PPKD Raja sendiri bertekad untuk melaksanakan Pilkades yang jujur dan adil. Dia juga sudah mengingatkan anggota PPKD Raja lainnya untuk bekerja jujur dalam pelaksanaan Pilkades itu.

"Kita akan bekerja sejujurnya demi terciptanya Pilkades yang jujur dan adil," tegasnya.

Menyinggung jumlah DPS Pilkades Raja dia mengatakan, data itu berdasarkan data dari Pemilu 2019 di Landak.

"Kitapun sudah melakukan pemuktahiran dan perbaikan data selama tiga hari. Namun karena pemuktahiran dan perbaikan data hanya dilakukan rentang waktu tiga hari, kita sebelumnya sudah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih ini," jelasnya.

Dia juga menegaskan jika DPT Pilkades itu sudah tidak bisa dirubah lagi.

"Kecuali kalau ada data pemilih tambahan," katanya.

Sekdes Raja, Arman mengimbau kepada masyarakat Desa Raja untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades Raja tersebut.

"Sebelumnya, PPKD Raja sudah melaksanakan kegiatan lainnya sesuai tahapan jadwal pelaksanaan Pilkades yang sudah diatur oleh kabupaten. Sekarang kita sudah memasuki tahapan penetapan DPT, " katanya.

Dia juga menilai PPKD sudah bekerja dengan maksimal untuk menciptakan pelaksanaan Pilkades Raja yang jujur dan adil.

"Selain itu, meskipun anggaran pelaksanaan Pilkades belum turun, namun PPKD Raja sudah melaksanakan sejumlah tahapan sampai pada penetapan DPT ini. Mohon maaf, untuk melaksanakan tahapan yang sudah kita lakukan, kita melakukan peminjaman dana dari pihak ketiga," akunya.

Arman juga tidak henti-hentinya menanyakan pencairan anggaran Pilkades ke Kecamatan Ngabang.

"Hal ini harus kita pahami. Tapi saya tetap mengimbau, mari kita jaga keamanan desa kita demi suksesnya pelaksanaan Pilkades Raja," pintanya. (dvi)