Minggu, 20 Oktober 2019


PPKD Raja Buka Pendaftaran Cakades

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 71
PPKD Raja Buka Pendaftaran Cakades

BUKA PENDAFTARAN - PPKD Raja sudah menerima berkas pendaftaran Balon Kades oleh salah satu Balon Kades. Pendaftaran Balon Kades itu sudah dimulai 21-29 September mendatang.

NGABANG, SP - Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Raja, Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak membuka pendaftaran bakal calon Kades yang siap bertarung dalam pelaksanaan Pilkades serentak di 50 desa di Landak. Pendaftaran atau penjaringan Cakades serentak sudah dibuka sejak Sabtu (21/9) hingga Minggu (29/9) mendatang.

Di PPKD Raja sendiri hingga hari ketiga pendaftaran baru dua Balon Kades Raja periode 2020-2026 yang mendaftar. Mereka yang sudah mendaftar yakni Mujahidin dan Lisa Kusman. Penerimaan berkas pendaftaran diterima personel PPKD Raja di Kantor Desa Raja.

Menurut Ketua PPKD Raja, Ya' Iwan Fitri mengatakan pihaknya masih menunggu pendaftaran bagi Balon Kades Raja yang lainnya.

"Sekarang ini memang sementara ini ada dua orang yang sudah mendaftar ke PPKD Raja. Kami masih menunggu pendaftaran Balon Kades Raja yang lainnya, " ujar Iwan, Senin (23/9).

Dijelaskannya, usai waktu penjaringan Balon Kades Raja, akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran Balon Kades yang dibuka Senin (30/9) hingga Sabtu (5/10).

"Sesuai jadwal tahapan pelaksanaan Pilkades serentak, kita tetap memberikan pelayanan kepada Balon Kades Raja yang akan mendaftar ke kita," katanya.

Usai perpanjangan waktu pendaftaran, akan dilakukan penelitian berkas Balon Kades yang akan dilaksanakan 6-8 Oktober mendatang.

"Kita juga akan mengantar berkas Balon Kades ke Kecamatan Ngabang. Nantinya, panitia kecamatan akan melakukan penelitian, klarifikasi dan verifikasi di tingkat kecamatan. Panitia kecamatan nantinya akan mengantar berkas calon Kades ke kabupaten untuk dilakukan verifikasi berkas calon Kades oleh panitia kabupaten," jelasnya.

Ditambahkannya, panitia penyelesaian sengketa kecamatan dan kabupaten akan menerima laporan keberatan terkait keabsahan persyaratan Balon Kades.

"Nantinyapun, jika Calon Kades melebihi dari lima orang, akan dilakukan seleksi oleh panitia kabupaten. Nantinya mereka akan mengirim hasil verifikasi dan seleksi balon, " jelas Iwan.

Salah satu warga Desa Raja, Ya'  Ahmad mengharapkan, pelaksanaan Pilkades Raja periode 2020-2026 nantinya bisa berjalan sebagaimana mestinya.

"Seperti pemilihan ditahun- tahun sebelumnya, yang utama terpilihnya seorang Kades yang sesuai pilihan warga masyarakat Desa Raja. Kita berharap, siapapun yang terpilih sebagai Kades Raja, bisa memimpin desa agar lebih baik dan lebih baik lagi selama ke depan, " harapnya. (dvi)

 Ketua RT 15/RW 02 Dusun Martalaya Desa Raja Kecamatan Ngabang, Zulkarnain menyambut kegiatan positif yang sudah dilakukan PPKD Raja. Apalagi pihak PPKD sudah resmi dilantik pada 2 September lalu.

"Setelah PPKD dilantik, mereka sudah melaksanakan tahapan pelaksanaan Pilkades serentak di Landak yang ditetapkan oleh Pemdes Kabupaten Landak, " ujar Zulkarnain.

PPKD Raja juga sudah menetapkan dan mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades Raja.

"DPT Pilkades Raja ini sudah ditetapkan sebanyak 3.039 pemilih. Para pemilih yang masuk dalam DPT itu sudah masuk di 13 TPS Pilkades di Desa Raja. Kami di RT juga ada salah satu TPS yang akan melaksanakan Pilkades serentak," katanya.

Diapun berharap, siapa saja yang memenuhi persyaratan boleh mencalonkan dirinya sebagai Calon Kades Raja.

"Kami di RT tetap memberikan dukungan kepada para Calon Kades yang akan melaksanakan kampanye di RT kami. Silakan para calon Kades memberikan visi misinya jika terpilih jadi Kades Raja, " ucap Zulkarnain. (dvi)