Minggu, 20 Oktober 2019


Bupati Resmikan Gedung Baru Disdukcapil Landak

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 87
Bupati Resmikan Gedung Baru Disdukcapil Landak

TANDA TANGAN - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menandatangani prasasti peresmian gedung baru Disdukcapil Landak. Sebelumnya di lokasi bangunan baru itu, dulunya sempat terbakar dan pindah di kantor lain untuk sementara waktu. Ist

NGABANG, SP - Bupati Kabupaten Landak, Karolin Margret Natasa meresmikan gedung baru Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Landak. Kegiatan peresmian gedung baru itu digelar di halaman Disdukcapil Landak di Jalan Pangeran Cinata, Desa Raja, Kecamatan Ngabang, Selasa (24/9).

Turut hadir dalam  peresmian gedung baru tersebut, Kepala Disdukcapil Kalbar, Sekretaris Daerah (Sekda) Landak, Vinsensius, perwakilan Disdukcapil seluruh Kabupaten/Kota di Kalbar, unsur Forkopimda Kabupaten Landak, para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Landak, para camat dan Kepala Desa se Landak.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2016 lalu, gedung Disdukcapil Landak dibangun dilokasi tanah lama yang bangunan lamanya sempat terbakar. Sebelumnya, Disdukcapil Landak pindah sementara disalah satu kantor yang ada di Ngabang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut bupati, dengan dibangunnya gedung baru Disdukcapil Landak yang diresmikan saat ini, merupakan bentuk perhatian Pemerintah Daerah dalam menyediakan tempat, sarana dan prasarana demi memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Dilokasi yang sama adalah gedung Disdukcapil Landak terdahulu. Tapi karena ada musibah kebakaran, habis terbakar bangunan Disdukcapil Landak yang lama rata jadi tanah. Ketika saya menjadi Bupati, kami melihat bahwa sebagai garis terdepan dalam melakukan pelayanan publik kepada masyarakat, kita memerlukan tempat, sarana dan prasarana yang lebih representatif,” ujar Karolin.

Dia mengungkapkan, pembangunan Kantor Disdukcapil Landak sebenarnya telah rampung pada awal tahun 2019. Tetapi masih ada beberapa pembenahan lebih lanjut, terutama berkaitan dengan listrik dan internet yang sangat diperlukan untuk pelayanan kependudukan.

“Dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, kami dengan keterbatasan anggaran yang ada, membangun kantor Capil ini. Walaupun pembangunannya sudah selesai sejak awal tahun ini, hanya saja memerlukan pembenahan mulai dari halaman dan paling penting adalah listrik dan internet,” terangnya.

Bupati berharap, dengan diresmikannya gedung baru itu, dengan sarana dan prasarana yang ada, Disdukcapil Landak dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

“Harapan saya, agar prasarana dan sarana yang kami sediakan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harap Karolin.

Selanjutnya, dia pun berpesan agar seluruh petugas pada Disdukcapil Landak dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya berpesan kepada seluruh petugas di Disdukcapil Landak agar melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Sebab, jaman sekarang dunia semakin terbuka dan semakin kritis. Salah sedikit masuk facebook dan sebagainya, jadi hati-hati," pinta Karolin.

Terkait diresmikannya gedung baru Disdukcapil Kabupaten Landak itu, Kepala Disdukcapil Kalbar, Yohanes Anthonius Rawing berharap berbanding lurus dengan capaian layanan kinerja Disdukcapil Landak.

“Dengan diresmikannya gedung kantor ini, tentunya  selalu diharapkan berbanding lurus dengan meningkatnya capaian layanan kinerja pada Disdukcapil Landak, " harap Yohanes.

Dia menambahkan, perlunya sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam mencapai target kinerja, terutama dalam hal pendataan kependudukan di Kalimantan Barat. Melihat sarana dan prasarana yang ada saat ini, ia ingin Disdukcapil Landak memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat.

“Tentunya kondisi hari ini memberikan semangat positif kepada Disdukcapil Landak dan jajaran supaya lebih cepat memberikan pelayanan dan masyarakat yang datang mendapat pelayanan yang semestinya, yang menjadi target utama kita  memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Bersamaan dengan kegiatan itu juga diadakan launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) tingkat Kabupaten Landak tahun 2019. Untuk itu, Kepala Disdukcapil Kalbar berharap adanya gerakan yang memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya data kependudukan yang benar.

“Makna dari gerakan Indonesia sadar Adminduk ini bukan hanya pelayanan yang harus ditingkatkan. Tapi kita memberikan penyadaran kepada warga kita bahwa pentingnya pelaporan perubahan data kependudukan. Mudah-mudahan dengan gerakan GISA ini, maka kedepan masyarakat kita semakin sadar untuk bisa mendaftarkan dirinya sebagai penduduk Indonesia,” kata Yohanes. (dvi)