Minggu, 08 Desember 2019


Momumen Bakti Taruna Akmil Buka Akses Sompak

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 54
Momumen Bakti Taruna Akmil Buka Akses Sompak

LIHAT – Bupati Landak dan Forkopimda setempat menatap Tugu Latsitardanus IX Tahun 1988 yang dibenahi dan kembali diresmikan, Senin (18/11).

Bupati Landak Karolin Margret Natasa meresmikan Tugu Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) IX tahun 1988 di Desa Sompak, Kecamatan Sompak, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (18/11).

Tugu Latsitardanus merupakan salah satu monument bersejarah yang ada di Kabupaten Landak, sebagai bukti bakti para taruna Akademi Militer (Akmil) tahun 1988 yang berjasa membuka akses jalan di Sompak melalui kegiatan Latsitardanus.

“Tugu ini merupakan salah satu bukti saksi sejarah taruna akademi militer yang sudah berjasa membuka akses jalan di Sompak ini. Dulunya mereka melakukan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan ikut membantu pembukaan jalan ini, mulai dari Menjalin, Karangan sampai tembus ke Sebadu,” kata Koralin.

Dulunya, tugu tersebut memang sudah dibangun. Akan tetapi waktu membuatnya usang.

“Makanya saya meminta Pak Kades untuk diperbaiki sebagai kenang-kenangan dan penghargaan bagi para Akmil 1988,” ungkap Bupati Landak.

Selain itu, Bupati Landak juga berharap kehadiran tugu ini juga bisa memberikan dampak yang positif kepada Kabupaten Landak. Agar mereka yang dulunya melaksanakan Latsitardanus di Kabupaten Landak bisa melihat perkembangan dan pembangunan yang sudah berjalan selama ini.

“Ini tugu akan saya rawat dan jaga bersama masyarakat Kabupaten Landak dan semoga mereka yang dulunya melakukan Latsitardanus ditahun 1988 dulu, dapat kembali mengunjungi Kabupaten Landak serta melihat tugu ini serta pembangunan yang sudah berjalan ini, dan dapat mengenang masa lalu mereka saat melaksanakan Latsitardanus,” jelas Bupati Landak.

Karolin juga berharap, Tugu Latsirtardanus dapat menjadi salah satu bentuk motivasi anak-anak Kabupaten Landak agar dapat memiliki semangat untuk menjadi seorang tentara maupun polisi.

“Dengan adanya tugu ini saya berharap anak-anak Kabupaten Landak dapat termotivasi untuk menjadi seorang tentara maupun polisi. Karena di masa kepemimpinan saya ini, untuk penerimaan TNI dan Polri masih bisa mendapatkan kuota bagi anak-anak Kabupaten Landak bisa bekerja di TNI dan Polri serta bertugas kembali di Kabupaten Landak ini,” terang Bupati Landak. (humas/balasa)