Rabu, 18 September 2019


Ijasah Palsu, Panitia Pilkades: Silahkan, Kalau Mau Lewat Jalur Hukum

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 800
Ijasah Palsu, Panitia Pilkades: Silahkan, Kalau Mau Lewat Jalur  Hukum

Ilustrasi

NANGA PINOH, SP- Ketua Panitia Pilkades Tembawang Panjang, Basri mengaku sudah mengetahui soal aduan dua cakades yakni Ucang dan Kasim,  yang menggugat keabsahan ijasah paket B milik Suparjan.

“Berdasarkan perbup, yang diminta dalam persyaratan calon kades adalah fotokopi  ijasah yang dilegalisir. Menurut pendapat kami, kalau ijasah sudah dilegalisir berarti tidak diragukan keabsahannya,” kata Basri.

Panitia, lanjut Basri juga sudah meminta surat pernyataan dari masing-masing cakades, bahwa  segala keabsahan berkas pencalonan kepala desa itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon. 

“Masalah palsu atau tidak, kita tidak mengetahuilah. Soal bertanding itu biasalah ada menang ada kalah. Hanya untuk penyelesaian permasalahan kita kembalikan ke BPMPD,” paparnya.

Menurut Basri, panitia tak memiliki kemampuan untuk meneliti keabsahan berkas, termasuk ijasah. "Kalau mau proses lewat jalur hukum, dipersilahkan,” ujar Basri.

Hasil penghitungan suara Pilkades Tembawang Panjang,  Suparjan meraih 409 suara, Ucang 384 suara dan Kasim 332 suara. (eko/mul)