Jumat, 06 Desember 2019


BPBD Kalbar Instruksikan Segera Tetapkan Status Siaga Darurat di Melawi

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1005
BPBD Kalbar Instruksikan Segera Tetapkan Status Siaga Darurat di Melawi

GRAFIS (SUARA PEMRED/ KOKO)

PONTIANAK, SP - Pasca terjadi bencana banjir pada beberapa kecamatan di Kabupaten Melawi, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar, TTA Nyarong menginstruksikan kepala daerah dan BPBD setempat untuk menetapkan status siaga darurat.

"Saya minta agar Bupati Melawi segera tetapkan status siaga atau tanggap darurat bencana banjir, puting beliung dan tanah longsor," katanya kepada Suara Pemred di Pontianak, Rabu (23/11).

Instruksi tersebut, kata Nyarong, sebetulnya sudah disampaikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 362/3490/SJ tertanggal 15 September 2016 perihal antisipasi bencana banjir dan tanah longsor.

"Selanjutnya diteruskan dengan Surat Pemprov Kalbar tertanggal 31 Oktober 2016, ditujukan ke semua kepala daerah kabupaten dan kota untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor," terangnya.

Dikatakannya, guna menindaklanjuti bencana tersebut, pihaknya sedang berkoordinasi dengan instansi terkait. "Untuk bantuan, sedang dikoordinasikan dengan instansi terkait terutama mengenai jembatan putus," sebutnya.

Sementara di daerah lainnya, lanjut Nyarong, masih dalam kondisi aman dari bencana.

"Saat ini baru Kabupaten Melawi yang melapor. Yang lain masih aman," tuturnya. (umr)