Tanpa Setoran Pajak, Dana Desa Tidak Bakal Cair

Melawi

Editor sutan Dibaca : 1079

Tanpa Setoran Pajak, Dana Desa Tidak Bakal Cair
Ilustrasi
NANGA PINOH, SP -  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Melawi, Junaidi mengungkapkan belum seluruh desa yang telah melaporkan penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2016. Padahal dananya sudah 100 persen disalurkan ke rekening desa.  

“Persoalan laporan DD, memang masih ada temuan soal pajak yang belum dibayarkan. Bisa jadi juga memang karena kebingungan dari aparatur desa dalam hal pajak ini. Tapi dari kantor pajak sudah ikut memberikan sosialisasi soal pajak yang harus dibayarkan,” katanya.
 

BERITA TERKAIT:
Temuan Inspektorat Melawi, Banyak Desa Belum Bayar Pajak DD 

Junaidi menegaskan instansinya sudah memberikan penekanan pada seluruh kades,  agar hal tersebut menjadi perhatian serius desa. Sehingga saat pencairan dana desa tahap satu dan dua, realisasi penggunaan DD juga mesti dilengkapi Surat Setoran Pajak (SSP).
 

“Tanpa SSP, maka DD tak bisa dicairkan. Kita berharap, pada 2017, pemanfaatan DD di Melawi bisa berjalan dengan baik. DD telah terbukti menjadi urat nadi baru bagi pembangunan di desa,” tegasnya.
 

Menurut Junaidi, DPMPD Melawi, saat ini fokus membina desa-desa yang sudah mapan dalam pemanfaatan DD. Dengan regulasi baru, maka pemanfaatan DD wajib dilakukan dengan transparan.  

“Jumlah nominal DD terus meningkat. Oleh karena itu, kami berharap agar Kades dan seluruh perangkat desa bisa memanfaatkan DD dengan benar, termasuk penyelesaian pajaknya,” pungkasnya. (eko/mul)
 

Baca Juga:
Hendri: Guru SD dan SMA Banyak Tidak Disiplin
Parkir Karcis, Sumastro Akui Gagal Tingkatkan Retribusi
Akhir Bulan Ini, CCTV Center Pontianak Beroperasi