Lima Jabatan Kadis Dilelang

Melawi

Editor Kiwi Dibaca : 859

Lima Jabatan Kadis Dilelang
PENGUMUMAN - Seorang warga ikut melihat pengumuman lelang jabatan untuk lima kepala dinas di jajaran Pemkab Melawi yang dipasang tepat di depan Kantor Bupati Melawi, Rabu (7/6). Lelang yang digelar terbuka ini dapat diikuti PNS dengan berbagai syarat tert
NANGA PINOH, SP – Pemerintah Kabupaten Melawi memastikan segera menggelar lelang jabatan di lima kepala dinas, yang sampai saat ini masih dijabat seorang pelaksana tugas (Plt). Proses pengumuman dan pendaftaran bahkan sudah dibuka dari 5 Juni hingga 20 Juni 2017 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Melawi, Paulus ditemui, Rabu (7/6), mengungkapkan, pengumuman proses seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka untuk pimpinan tinggi pratama atau setingkat Eselon II/b, sudah disampaikan ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Bahkan pengumuman ini juga kita sampaikan pada kabupaten/kota yang ada di Kalbar. Artinya nantinya peserta lelang jabatan bisa dari luar Melawi, tapi khusus untuk wilayah Kalbar,” terangnya. Paulus memaparkan, terdapat lima posisi jabatan yang akan diisi melalui proses lelang jabatan ini yakni, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Pertanian serta Kepala Dinas Pendapatan Daerah.

Namun demikian, proses seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama ini tak bisa diikuti oleh seluruh pegawai negeri. Paulus menjelaskan, ada syarat yang terlebih dulu harus dipenuhi; di antaranya memiliki pangkat atau golongan minimal IV/a; pernah atau sedang menduduki jabatan pimpinan tinggi atau Eselon II atau sedang menjabat jabatan administrator atau Eselon III. “Eselon III ini terbuka, baik eselon III/b atau III/a,” ujarnya.

Syarat lain yang mesti dipenuhi, yakni sudah pernah mengikuti Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan III (Diklatpim), usia maksimal 56 tahun, tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin, dan semua unsur penilaian DP3 sekurang-kurangnya bernilai baik pada dua tahun terakhir serta memiliki kompetensi teknis dan manajerial pada jabatan yang akan dilamar.

“Dan setiap calon hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan pimpinan tinggi pratama saja,” jelasnya. Paulus melanjutkan, proses pendaftaran dan penyerahan berkas telah dimulai sejak 5 Juni hingga 20 Juni 2017. Panitia akan menggelar seleksi administrasi dari 20 Juni hingga 22 Juni dan kemudian mengumumkan hasil seleksi administrasi pada 3 Juli 2017 mendatang.

“Kemudian pada tanggal 4 Juni dan 5 Juni digelar tes wawancara serta penulisan makalah. Pada 6-8 Juli dilakukan assessment center, termasuk di dalamnya tes psikologi. Nantinya semua hasil seleksi ini diumumkan pada 10 Juli 2017,” katanya.
Diterangkan Paulus, dari total lima jabatan kepala dinas ini, hanya posisi jabatan Kepala Dinas Kesehatan yang hanya bisa dilamar oleh jabatan spesialis, yakni dari dokter atau sarjana kesehatan masyarakat (SKM). Sisanya bisa dilamar dari berbagai disiplin ilmu.

“Satu jabatan ini minimal ada empat pendaftar. Kalau kurang, kita akan perpanjang masa pendaftaran,” tuturnya. Sang pelamar juga harus datang langsung ke sekretaria panitia seleksi di Kantor BKPSDM Melawi.

“Tak bisa diwakilkan sehingga kita bisa melihat langsung siapa yang akan ikut seleksi ini,” tegasnya. Dalam tes seleksi ini, panitia melibatkan tenaga ahli dari Universitas Tanjung Pura sebanyak tiga orang. Sementara dari Melawi ada dua orang. Sehingga total ada lima orang yang masuk dalam panitia seleksi. (eko/ang)