Disnaker Imbau Perusahaan Berikan Upah Sesuai UMK

Melawi

Editor Kiwi Dibaca : 695

Disnaker Imbau Perusahaan Berikan Upah Sesuai UMK
ilustrasi
NANGA PINOH, SP – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Melawi mengimbau seluruh perusahaan yang mempekerjakan karyawan secara penuh wajib untuk membayar upah sesuai dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang telah ditetapkan. Hal ini karena ditenggarai masih banyak pengusaha lokal yang belum memberikan upah layak pada karyawannya.

“Banyak perusahaan yang tak memenuhi standar UMK dalam memberikan gaji pada karyawan atau buruhnya. Alasannya mereka tak dapat keuntungan kalau bayar gaji sesuai UMK,” ungkap Plt Kadisnaker Melawi, Paulus, belum lama ini. UMK Melawi sendiri sudah ditetapkan sesuai dengan Surat Keptusan (SK) Gubernur Kalbar, di mana sejak Januari 2017 ditetapkan sebesar Rp 1.948.500.

 Perusahaan yang wajib membayar gaji sesuai UMK, yakni memperkerjakan karyawan setidaknya minimal 10 orang dan juga bekerja secara penuh setidaknya 40 jam per minggu. Alasan tak dapat keuntungan bukan menjadi penyebab perusahaan bisa menggaji di bawah UMK.

“Saat ini saja seperti Indomaret dan Alfamart sudah membayar gaji karyawannya sesuai UMK. Beberapa perusahaan besar juga sudah terapkan ini. Hanya perusahaan yang bersifat lokal ini yang banyak masih membayar di bawah standar,” katanya. Disnaker sudah menyurati dan memberikan teguran pada sejumlah perusahaan ini. Bahkan pihaknya sudah mendatangi langsung perusahaan.

 Hanya memang, hal ini belum bisa menjadi upaya terbaik sehingga para karyawan di perusahaan-perusahaan tersebut bisa merasakan upah sesuai dengan UMK yang telah ditetapkan. “Banyak pertimbangan juga dari pengusaha, terkait kelangsungan usahanya. Begitu juga dengan karyawan, banyak yang belum mengadu, karena mungkin susahnya mencari lapangan kerja disini,” katanya. (eko/ang)

Komentar