Polres Melawi Sita 150 Batang Kayu Belian Asal Serawai

Melawi

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 679

Polres Melawi Sita 150 Batang Kayu Belian Asal Serawai
BELIAN - Ratusan batang kayu belian yang diamankan Polres Melawi dari sebuah motor air asal Desa Tontang, Kecamatan Serawai, Sintang yang dibawa menuju Melawi, kemarin. (Ist)
NANGA PINOH, SP - Satreskrim Polres Melawi mengamankan satu unit motor air yang membawa 150 batang kayu belian atau ulin dari Desa Tontang, Serawai, Sintang, Senin (19/2) malam. Penindakan kasus ilegal logging ini menjadi salah satu keseriusan kepolisian dalam program Kapolda yakni zero ilegal.

Kasat Reskrim Polres Melawi, AKP Samsul Bakri memaparkan, ada dua tersangka yang ditangkap dalam pengungkapan kasus tersebut. Yakni juragan motor air yang membawa kayu belian berinisial SP (38) warga Tanjung Harapan, Serawai dan ZN (45) warga Kompas Raya, Pinoh Utara sebagai pihak yang membeli kayu.

Kasat menerangkan pengungkapan kasus ini bermula dengan adanya informasi tentang dugaan adanya motor air pengangkut kayu belian yang akan masuk ke Melawi dari arah Serawai. Anggota Satreskrim pun melakukan pengintaian dan mendapati motor air yang bergerak ke arah Nanga Pinoh sekitar pukul 18.00 WIB.

"Setelah dilakukan penggeledahan ditemukan 150 batang kayu belian dengan berbeda-beda ukuran, " terangnya.

Tersangka kini telah dibawa ke Polres Melawi guna proses sidik lebih lanjut. Pelaku tindak pidana ilegal logging, ini disangkakan melanggar Pasal 12 ayat 1 huruf e dan m junto pasal 83 ayat 1 huruf b jo pasal 87 ayat 1 huruf c Undang-Undang  Nomor  82 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan 

“Pelangggarannya yakni mengangkut, menguasai atau memiliki hasil hutan tanpa dilengkapi secara bersama-sama dengan surat keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH),” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin,mengapresiasi kerja keras Satuan Reserse Kriminal Polres Melawi dalam mengungkapkan pelaku ilegal logging, ini membuktikan petugas tidak tutup mata terhadap kasus pembalakan liar, dalam penindakan di lapangan pun Polres Melawi tidak akan tebang pilih dalam menindak pelaku ilegal.

“Penindakan terhadap illegal logging sejalan dengan program Kapolda terkait zero illegal. Kami menindaklanjuti perintah Kapolda mengingat sektor ini juga banyak kayu yang beredar adalah kayu ilegal,” katanya. (eko/ang)