Senin, 14 Oktober 2019


Perempuan Melayu Gelar Lomba Membuat Hantaran dan Pokok Telok, Tumbuhkan Kecintaan Budaya Sejak Dini

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 594
Perempuan Melayu Gelar Lomba Membuat Hantaran dan Pokok Telok, Tumbuhkan Kecintaan Budaya Sejak Dini

SERAHKAN PIALA - Ketua PKK Melawi, Astrid Panji menyerahkan piala pada juara lomba lestasi budaya Melayu yang digelar DPD Perempuan Melayu Melawi. (SP/Eko)

DPD Perempuan Melayu Kabupaten Melawi berinisiasi menggelar lomba lestari budaya Melayu, berupa membuat hantaran pernikahan serta pohon telur (Pokok telok) yang biasa dipergunakan dalam dalam acara adat Melayu, kegiatan di ikuti  di Pendopo Sejumlah kelompok pelajar Kabupaten Melwai, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Sabtu (7/4). 

SP - Ketua DPD Perempuan Melayu, Endang mengharapkan,  kegiatan ini bisa memperkenalkan budaya melayu sejak dini. Gelaran lomba lestari budaya Melayu ini memang menjadi salah satu  bagian dari event perdana organisasi yang belum lama dilantik ini. 

“Lomba yang digelar yakni membuat Pokok Telok untuk tingkat SMP dan kreasi hantaran pernikahan khas melayu untuk tingkat SMA,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya bukan tidak mau menggelar lomba ini untuk kalangan ibu-ibu. Namun dengan digelarnya untuk kalangan generasi muda, diharapkan mereka lebih paham dengan berbagai budaya melayu. Sehingga semakin menumbuhkan rasa cinta serta kreativitas anak-anak.

“Lomba ini sendiri memberdayakan barang-barang bekas. Jadi didaur ulang menjadi sebuah kreasi yang cantik. Kita ingin memberikan pemahaman bahwa cantik tak harus mahal,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan, Nurbainingsih mengatakan peserta untuk lomba Pokok Telok ada 9 kelompok, sedangkan lomba membuat Hantaran hanya ada dua kelompok dari satu sekolah.

“Antusias memang sedikit kurang karena bertepatan dengan persiapan pelaksanaan ujian nasional sehingga ada beberapa sekolah yang sudah mendaftar memilih undur diri,” terangnya.

Dalam lomba ini, juga langsung diumumkan para juara, yakni untuk lomba Pokok Telok, juara harapan 1 diraih SMPN 1 Nanga Pinoh, Juara 3 diraih SMPN 5 Nanga Pinoh, juara 2, SMPN 2 Nanga Pinoh dan juara 1 diraih MTsN Nanga Pinoh. Sedangkan dua kelompok peserta kreasi hantaran otomatis mendapat juara 1 dan 2.

Penasehat DPD Perempuan Melayu, Nurbetty Eka Mulyastri Panji mengatakan even kegiatan Perempuan Melayu patut mendapat apresiasi walau memang memiliki keterbatasan, dari sisi dana.

“Yang penting ada kemauan, tak ada dana pun bisa dilaksankaan. Dukungan dari MABM Melawi juga membuat para Perempuan Melayu ini sangat bersemangat,” katanya.

Wanita yang juga menjabat Ketua PKK Melawi ini melanjutkan, kedepan Perempuan Melayu bisa membuat kegiatan yang lebih semarak dengan tetap mempertahankan nilai pelestarian budaya melayu.

“Seperti menggelar lomba tari jepin, barzanji.  Kemudian kita harapkan generasi muda kedepan bisa menjunjung tinggi budaya yang ada di Melawi,” harapnya. (eko susilo/jek)