Bangun PLTMH dengan Dana Desa, Warga Langan Kini Bisa Nikmati Listrik

Melawi

Editor Indra W Dibaca : 575

Bangun PLTMH dengan Dana Desa, Warga Langan Kini Bisa Nikmati Listrik
Bupati Melawi Panji memantau PLTMH yang dibangun oleh Desa Langan. (Ist)
MELAWI, SP – Desa Langan, Kecamatan Belimbing berhasil memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang ada sekitarnya sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat. Inisiatif pemerintah desa membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), membuat masyarakat di sana bisa merasakan listrik.

Kepala Desa Langan, Astomo saat peresmian PLTMH yang diberi nama Sinar Entalang mengungkapkan, pembangunan PLMTH tersebut merupakan inisiatif warganya yang kemudian ditindaklanjuti oleh desa.

“PLTMH Sinar Entalang dibangun dengan menggunakan Dana Desa tahun 2016 dan 2017 dengan total Rp245 juta. PLTMH ini selesai dibangun pada tahun ini,” katanya, belum lama ini.

Astomo melanjutkan, PLTMH Sinar Entalang memang baru mampu menyuplai listrik untuk 50 rumah tangga yang ada di wilayah Dusun Palus, Desa Langan. Kemampuan mengalirkan listrik ini memang disesuaikan dengan kapasitas PLTMH yang masih terbatas.

“Karena itu, kami merencanakan untuk membangun satu PLTMH lagi di Gurung Biruk yang memang memiliki potensi air yang jauh lebih besar. Sehingga ke depannya beberapa dusun lainnya di Desa Langan bisa teraliri listrik,” katanya. 

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji berharap desa yang ada di Melawi bisa mencontoh apa yang telah dilakukan Desa Langan dengan memanfaatkan potensi sumber air yang bisa dikembangkan menjadi pembangkit listrik.

“Ini bisa menjadi contoh dimana inisiatif dari kepala  desa dan warga dapat bersama sama membangun desa dari ketertinggalan penerangan listrik,” katanya.

Ia pun mengapresiasi upaya Pemerintah Desa Langan serta masyarakat setempat yang sudah bekerjasama dengan baik sehingga bisa membuktikan hasil kerjasama hingga terbangunnya PLTMH.

“Setiap tahunnya Dana Desa dari pusat terus bertambah. Karena itu saya berharap setiap kepala desa bisa berinisiatif sendiri  menggunakan anggaran dana desa untuk kemajuan masyarakat serta desanya,” katanya.

Pesan penting yang Panji sampaikan yakni meminta agar masyarakat bisa menjaga kelestarian alam sekitar. Karena keberadaan PLTMH sangat tergantung dengan ketersediaan sumber air di wilayah desa masing-masing. Bila debit air menurun, tentu akan berdampak pada kinerja PLTMH itu sendiri.

“Dan desa yang kira-kira memiliki potensi PLTMH kita harap bisa saling berkoordinasi dengan pihak kecamatan atau kabupaten, sehingga ke depannya bisa terakomodir dan dibantu. Terutama dari sisi teknis pembangunannya,” sarannya. (eko)