Senin, 16 Desember 2019


Organisasi Pemuda Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok dan Bayi Rafa

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 447
Organisasi Pemuda Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok dan Bayi Rafa

Organisasi kepemudaan berfoto bersama Wabup Dadi Sunarya di Lapangan Kuliner Nanga Pinoh. (SP/Eko Susilo)

NANGA PINOH, SP – Aksi penggalangan dana dilakukan sejumlah organisasi kepemudaan dan ormas di tengah pelaksanaan Kampanye Generasi Cerdas yang digelar GOW Melawi di Lapangan Kuliner Nanga Pinoh, Jumat (10/8).

Penggalangan dana ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian masyarakat Melawi terhadap penderitaan yang dialami korban gempa di wilayah NTB sekaligus membantu biaya operasi bagi balita asal Desa Tekelak yang terlahir tanpa anus, Rafa.

Koordinator penggalangan dana, Ari Saparianto mengatakan pengumpulan donasi dilakukan sebagai bentuk kepedulian sejumlah organisasi kepemudaan terhadap korban gempa di wilayah Lombok dan sekitarnya. Karena itu, ia mengajak seluruh peserta kampanye Generasi Cerdas untuk ikut berpartisipasi memberikan bantuan seiklasnya.

“Sejumlah organisasi yang ikut menggalang dana mulai dari GPJM, POM, PrOMM, Pejuang Subuh, PMKRI, BEM STKIP Melawi, serta sejumlah organisasi lainnya. Selain disini, Jumat sore kami juga akan menggalang dana di Tugu Juang Nanga Pinoh serta Monumen juang Melawi,” katanya.

Ari mengungkapkan, dari penggalangan dana di Lapangan Kuliner, didapat donasi sebesar Rp5.250.000. Nantinya, dana tersebut akan disalurkan langsung ke organisasi serta orang tua bayi Rafa.

“Dana yang terkumpul nantinya akan kita bagi dua, sesuai dengan kebutuhan. Berapa yang diperlukan untuk orang tua bayi Rafa, sedangkan sebagian kita salurkan pada korban bencana gempa Lombok melalui ACT (Aksi Cepat Tanggap),” paparnya.

Kegiatan Kampanye Generasi Cerdas yang digelar GOW Melawi sendiri diikuti ribuan peserta, mulai dari pelajar, organisasi serta instansi di lingkungan Pemkab Melawi. Dalam kegiatan ini digelar jalan dan bersepeda santai dari Lapangan Kuliner hingga Tugu Juang. Serta dilanjutkan dengan senam bersama dan pembagian doorprize di Tugu Juang.

Ketua GOW, Raisya Sarbina Dadi Sunarya, mengungkapkan, kegiatan Kampanye Generasi Cerdas dilakukan dalam rangka menyemarakan peringatan HUT RI.

“Mengapa kami memilih tema generasi cerdas, karena pentingnya generasi cerdas untuk kesetaraan anak bangsa. Kami merasa peduli terhadap generasi cerdas, dengan mengajak para generasi bangsa membaca, dengan membaca akan membuat generasi cerdas dan membuka wawasan,” katanya.

Ia mengatakan, mengajak masyarakat terutama generasi bangsa membaca melalui berbagai slogan dan motto yang masing-masing dipegang dan peserta pada saat jalan santai.

“Selain dengan membaca, juga dengan tulisan-tulisan yang mendidik. Karena dengan tulisan, bisa menembus ribuan kepala, masyarakat bisa tahu,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir Bupati Melawi, Panji serta Wakil Bupati Dadi Sunarya serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Melawi. (eko)