Warga Pinoh Selatan Minta Dibangun Menara Seluler

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 404

Warga Pinoh Selatan Minta Dibangun Menara Seluler
Nanga Pinoh, SP - Kesulitan akses telekomunikasi masih dirasakan masyarakat di sejumlah pedesaan di Melawi. Desa-desa di wilayah Kecamatan Pinoh Selatan belum memiliki menara seluler.  

Harapan ini pernah disampaikan warga kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar saat masa kampanye lalu. Desa yang belum memiliki jaringan seluler di antaranya Nanga Pintas, Mandau Baru, Nanga Kelawai, Bora, Mekar Pelita, Meta Bersatu, dan Nanga Kasai.   

Tokoh masyarakat Pinoh Selatan, Yermanto mengatakan usulan pendirian tower BTS benar-benar diharapkan masyarakat Kecamatan Pinoh Selatan. Sebab selama ini di desa mereka tidak ada sinyal telekomunikasi.  

Tentu hal tersebut menyulitkan warga untuk berkomunikasi ke dunia luar. Karenanya warga berharap ada pembangunan tower provider seluler, sehingga hubungan komunikasi ke luar desa dapat dilakukan dengan mudah.  

“Tidak adanya jaringan telepon dari semua operator seluler di wilayah itu. Kondisi ini tentu sangat menyusahkan warga untuk berkomunikasi ke luar desa, begitu juga sebaliknya,” kata Yermanto.  

Menurut Yermanto kondisi tanpa sinyal telekomunikasi tersebut, menyebabkan sejumlah desa di Kecamatan Pinoh Selatan tertinggal dari daerah lainnya. Padahal kemajuan suatu daerah selain dilihat dari segi pembangunan, juga dilihat dari kemampuan masyarakatnya menyerap teknologi informasi.  

Mewakili warga dari tujuh desa tersebut, Yermanto berharap Pemkab dan DPRD Melawi serta Pemprov Kalbar dapat menjalin komunikasi dengan penyedia jasa jaringan telekomunikasi agar membangun tower.  

Dengan adanya tower, selain alat untuk berkomunikasi informasi dari jaringan internet juga dapat diakses di wilayah tujuh desa ini. Dia berharap kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar membantu menyampaikan kepada penyedia jasa jaringan telekomunikasi agar membangun tower di Pinoh Selatan.  

“Harapan ini semoga bisa  sesuai dengan janji politik Sutarmidji-Ria Norsan saat kampanye di Desa Nanga Pintas, akan membantu komunikasi kepada penyedia jasa jaringan selurer untuk membangun menara selurer di wilayah itu,” ujarnya.  

Ketua DPRD Melawi, Abang Tajudin menanggapi usulan  masyarakat ini menyatakan akan menyampaikannya ke Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar.  

“Sebenarnya masalah pembangunan tower atau jaringan seluler merupakan kewenangan perusahaan swasta. Tapi bila ada masukan dari pemerintah kita harapkan bisa mempercepat realisasi pembangunan tower BTS,” ucapnya. (eko)