Camat Ella Hilir Dorong Perbaikan Infrastruktur Pendidikan

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 376

Camat Ella Hilir Dorong Perbaikan Infrastruktur Pendidikan
Nanga Pinoh, SP - Peringatan Hari Guru Nasional juga digelar di Kecamatan Ella Hilir. Camat Ella Hilir, Syaripudin meminta guru menjaga netralitas selama Pemilu 2019.  

“Berkenaan dengan Pemilu 2019 kami juga mengharapkan guru-guru bisa netral seperti PNS lainnya. Serta menciptakan pemilu yang demokratis dan bermartabat di  Ella Hilir,” kata Syaripudin, dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional di SD Negeri 01 Ella Hilir, Senin (26/11).  

Syaripudin juga meminta guru mengubah cara mengajar dari yang bersifat tradisional menjadi pembelajaran multi stimulan agar lebih menyenangkan dan menarik.  

Demikian juga peran guru diubah dari pemberi pengetahuan menjadi mentor, fasilitator, pengembang imajinasi, kreativitas, serta menanamkan nilai karekter dan team work. Pendidikan empati sosial juga penting diberikan karena nilai-nilai itu tidak dapat diajarkan oleh mesin.  

“PGRI sebagai organisasi profesi ditantang agar mampu menggerakkan guru, pendidik, dan tenaga pendidikan agar memberikan andil tidak hanya dalam menyelenggarakan pendidikan di sekolah, tapi juga terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran transformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah,” ucapnya.  

Syaripudin meminta agar guru fokus dalam pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas. Bekerja dengan profesional dan berintegritas.  

“Kami memohon kepada Pemerintah Kabupaten Melawi untuk memberikan sanksi kepada guru-guru atau pihak terkait yang tidak disiplin dalam melaksanakan tugas. Seperti guru di Desa Sungai Labuk, tidak pernah mengajar tetapi gaji dan tunjangannya diterima, sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Kades Sariono secara tertulis kepada Bupati Melawi,” kata Syaripudin.  

Syaripudin juga berharap pemerintah memberikan perhatian pembangunan infrastruktur desa seperti jalan dan jembatan di Ella Hilir. Seperti di Desa Penyuguk, Sungai Labuk dan Sungai Mentoba yang kondisi jalan serta jembatan rusak berat   Infrastruktur jalan yang buruk turut mempengaruhi kualitas pendidikan di daerah tersebut.

“Rumah dinas guru rata-rata tidak dapat ditempati karena kondisinya juga rusak berat. Beberapa sekolah masih banyak diajar oleh guru tenaga kontrak yang sampai saat ini belum diangkat oleh pemerintah.”   

Ditempat yang sama Ketua Pengurus Cabang PGRI Ella Hilir, Jumain mengatakan upacara ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Kecamatan Ella Hilir. Upacara dihadiri Disdikbud Melawi, Ketua PGRI Melawi, Forkopimcam Ella Hilir, seluruh kepala sekolah dan dewan guru sekitar 294 orang baik PNS maupun honorer dari 39 SD dan SMP se-Kecamatan Ella Hilir. (eko)