Bupati Melawi ke Lokasi Bencana Puting Beliung, Ini Permintaan Warga

Melawi

Editor Admin Dibaca : 305

Bupati Melawi ke Lokasi Bencana Puting Beliung, Ini Permintaan Warga
TINJAU - Peninjauan lokasi bencana sekaligus penyerahan bantuan oleh Ketua DPRD Melawi pada kades dua desa di Ella Hilir. SUARA PEMRED/EKO SUSILO
NANGA PINOH, SP – Sebanyak 102 rumah menjadi korban angin kencang yang menerpa dua desa di Kecamatan Ella Hilir, Sabtu (29/12) lalu. Kerusakan yang dialami pun bervariasi, mulai dari yang ringan, beberapa atap seng yang terlepas, hingga rusak berat karena hampir seluruh bagian atap rusak maupun hancur tertimpa pohon.    

DPRD Melawi serta Bupati sudah meninjau lansung lokasi bencana di Desa Pelempai Jaya serta Nanga Ella, Senin (31/12) lalu.

Dari pantauan Suara Pemred yang ikut turun langsung melihat dampak angin yang disebut warga setempat puting beliung ini, sebagian besar rumah memang sudah melakukan perbaikan pada bagian atap. Namun, untuk yang mengalami kerusakan parah, atap hanya ditutupi dengan tenda terpal seadanya.     

“Sebagian besar atap rumah sudah dipasang. Hanya memang bersifat sementara. Karena bila hujan turun, atap masih tetap bocor,” kata Kades Pelempai Jaya, Rusli Ladi yang ikut mendampingi Ketua DPRD Melawi saat meninjau sejumlah rumah yang terkena angin puting beliung.    

Kerusakan di dua dusun yakni, 31 rumah di Dusun Pelempai dan 21 rumah di Dusun Kerangan Taman pun tak terhindarkan. Angin tak cuma merusak rumah, tapi juga menumbangkan berbagai jenis pohon, hingga menutup jalan dan memutus kabel PLN.    

“Bahkan saking kuatnya angin, pohon ada yang sampai tercabut akarnya dan merusak jalan rabat beton. Ada 10 rumah warga di Desa Pelempai Jaya yang rusak berat,” katanya.    

Rusli pun sudah melaporkan jumlah rumah yang rusak ke Pemkab Melawi. Masyarakat mengharapkan adanya bantuan dari pemerintah, setidaknya untuk memperbaiki atap-atap rumah mereka yang rusak.    

Camat Ella Hilir, Syaripudin mengungkapkan secara total 102 bangunan yang rusak di dua desa. Selain itu, jaringan PLN sudah dua hari mengalami padam total karena bangunan mesin pembangkit juga menjadi korban angin puting beliung.     Untuk gedung sekolah, satu SDN 01 Ella Hilir yang rusak ringan, Polsek hingga Koramil juga rusak ringan karena tertimpa pohon.    

“Kami selaku camat pun mengimbau agar masyarakat waspada dengan bencana dan juga sering membersihkan lingkungan, seperti menebang pohon tinggi yang ada dekat rumah karena rawan tumbang,” ujarnya.    

Sementara itu, Ketua DPRD Melawi, Abang Tajudin yang datang bersama Ketua Fraksi Persatuan Restorasi Kebangkitan Nurani, Heri Iskandar meminta pemerintah bisa segera memberikan perhatian, dengan memberikan bantuan pada masyarakat yang menjadi korban bencana angin kencang di Ella Hilir.     

Tajudin ikut menyerahkan bantuan seadanya kepada dua kepala desa di Ella Hilir untuk sekedar membantu meringankan beban korban bencana angin kencang. Ia juga berharap bencana ini tetap menjadi masyarakat Ella Hilir diberikan kekuatan.    

“Ini adalah cobaan dari Tuhan, semoga kita tetap bisa saling bersama untuk menolong warga kita yang mengalami musibah,” pesannya.    

Bupati Melawi, Panji saat mengunjungi Ella Hilir telah meminta agar Camat dan Kades dua desa, untuk mendata masyarakat yang menjadi korban angin puting beliung.    

Panji juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada, mengingat saat ini wilayah Kalbar, termasuk Melawi sedang memasuki kondisi cuaca yang ekstrim. Pemda pun terus berusaha semaksimal mungkin memberikan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Ella Hilir.    

“Kami juga mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang telah saling tolong-menolong untuk membersihkan jalan maupun lokasi yang terkena dampak angin puting beliung serta membantu korban yang mengalami musibah,” ucapnya.    

Sementara itu, sejumlah organisasi hingga Satlantas pun melakukan penggalangan dana, untuk membantu masyarakat di Ella Hilir yang terkena musibah angin puting beliung. Penggalangan dana ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat setempat yang menjadi korban bencana.    

Minggu (30/12), dilakukan penggalangan dana yang diinisiasi Satlantas Polres Melawi bersama sejumlah klub motor. Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana menyebut, aksi ini diharapkan bisa membantu meringankan beban korban puting beliung di Ella Hilir.    

“Kita menggelar penggalangan dana di persimpangan lampu merah Tugu Juang, serta eks Kantor Bupati bersama sejumlah bikers dari berbagai klub motor. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan pada masyarakat yang membutuhkan di Ella HIlir,” terangnya.    

Aksi peduli bencana juga dilakukan oleh organisasi kepemudaan seperti POM (Persatuan Orang Melayu). Mereka juga melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban angin puting beliung di Ella. (eko/lis)