Polres Jaga Ketat Gedung Serbaguna

Melawi

Editor elgiants Dibaca : 69

Polres Jaga Ketat Gedung Serbaguna
Personil Polres Melawi ikut mengawasi proses pelipatan surat suara yang melibatkan 200 an tenaga pelipat.
Nanga Pinoh, SP – Proses pelipatan dan sortir surat suara untuk Pemilu Serentak 2019, mulai digelar Kamis (14/3). Tak tanggung-tanggung, sebanyak 208 tenaga pelipat ikut bekerja, untuk memastikan pelipatan surat suara bisa selesai tepat waktu.  

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo mengungkapkan secara total ada 208 orang yang ikut terlibat dalam proses pelipatan surat suara pemilu. Mereka sendiri sebelumnya sudah mengisi form pendaftaran dan harus memenuhi sejumlah ketentuan.  

“Awalnya kita memang menargetkan 100-200 tenaga pelipat untuk surat suara Pemilu. Ternyata yang mendaftar membludak. Setelah dicek terdaftar sampai 208 orang,” katanya.   Para petugas pelipat surat suara ini pun, mulai melaksanakan tugasnya dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Mereka diberikan waktu istirahat selama satu jam mulai dari pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB.  

“Beberapa aturan yang harus dipenuhi petugas diantaranya, dilarang merokok, tak boleh bawa anak, tak boleh membawa tas, ransel maupun kantong plastik, termasuk membawa makanan dan minuman,” kata Dedi.  

Dedi juga mengatakan, surat-suara yang akan dilipat dilarang untuk dibawa keluar dari ruang penyortiran, dan dalam proses pelipatan juga akan langsung dilakukan penyortiran, bila ditemukan ada surat suara rusak atau cacat.  

“Yang rusak atau cacat langsung dipisahkan, dihitung jumlahnya, dan dimasukkan ke dalam amplop atau plastic yang sudah disiapkan serta dilaporkan pada pengawas. Dokumentasi terhadap surat suara juga dilarang,” katanya.  

Secara total, papar Dedi Suparjo, ada 826.976 surat suara yang harus disortir dan dilipat. Terdiri dari surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 164.395 lembar, suara suara DPD sebanyak 163.395 lembar, surat suara DPR Dapil Kalbar 2 sebanyak 164.395 lembar.  

Selain itu, surat suara untuk DPRD Provinsi Dapil Kalbar 7 sebanyak 165.395 lembar, surat suara DPRD Kabupaten/Kota Dapil 1 sebanyak 59.209 lembar, Dapil 2, 28.231 lembar, Dapil 3 sebanyak 55.023 lembar serta Dapil IV sebanyak 25.933 lembar.   “Kita targetkan pelipatan bisa selesai dengan cepat,” harapnya.   Sidebaar:  

Seluruh Logistik Dijaga
 

Sementara itu, Polres Melawi menerapkan pengamanan ketat di sekitar Gedung Serbaguna yang menjadi tempat pelipatan surat suara sekaligus penyimpanan seluruh logistik Pemilu.  

Kabag Ops Polres Melawi, AKP Sofyan menjelaskan, untuk memastikan keabsahan surat suara Pemilu 2019, Polres Melawi yang melakukan pengamanan di lokasi melakukan pemeriksaan menggunakan metal detector dan personel yang dilengkapi dengan senjata api laras panjang.  

"Kita tempatkan personil untuk memisahkan siapa saja yang boleh masuk ke dalam gedung serbaguna saat proses pelipatan dan penyortiran surat suara ini. Ada beberapa area yang khusus tidak setiap orang bisa masuk ke ruang tersebut," jelasnya.  

Sofyan melanjutkan, pola pengamanan, Polres Melawi menempatkan anggota di Gedung Serbaguna selama 24 jam penuh. Personil juga akan berpatroli secara rutin, untuk memantau keamanan gudang selama proses pelipatan maupun pengepakan.  

“Dalam melaksanakan tugasnya, petugas pelipat maupun KPU wajib menggunakan Id card saat melakukan pengepakan atau pun pelipatan, sehingga personil yang melaksanakan pengamanan mudah dalam melakukan pemantauan,” pesannya. (eko/lis)

Komentar