Dinkes Segera Isi Formasi TKD Kesehatan

Melawi

Editor elgiants Dibaca : 133

Dinkes Segera Isi Formasi TKD Kesehatan
ilustrasi
Nanga Pinoh, SP - Sempat tertunda sejak tahun lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Melawi akhirnya membuka lowongan Tenaga Kontrak Daerah (TKD). Mereka direkrut untuk memperkuat layanan di seluruh Puskesmas serta Rumah Sakit Pratama Batu Buil yang direncanakan mulai beroperasi tahun ini.

Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Jawahir mengungkapkan, secara total dan 42 tenaga kontrak yang akan diterima oleh instansinya. Sebagian ditempatkan di RS Pratama Batu Buil.

"19 tenaga kontrak akan ditempatkan di RS Pratama. Yang dibutuhkan yakni formasi dokter umum, rekam medis, security, koki, petugas cleaning servis sampai supir ambulan," paparnya.

Sedangkan, untuk rekrutmen tenaga kontrak yang akan disebar di puskesmas-puskesmas, Jawahir menerangkan formasi yang dibutuhkan yakni promosi kesehatan dengan latar belakang yang diprioritaskan sarjana kesehatan masyarakat. Kemudian formasi tenaga gizi serta tenaga kesling (kesehatan lingkungan).

"Secara keseluruhan ada 23 formasi yang nantinya akan ditempatkan di puskesmas seantero Melawi," jelasnya. 

Pendaftaran tenaga kontrak ini, kata Jawahir akan dibuka hingga 29 Maret mendatang. Peserta yang memenuhi syarat administrasi akan mengikuti tes wawancara pada 4-5 April. Ahmad Jawahir juga mengungkapkan lamaran dapat disampaikan langsung ke Kantor Dinas Kesehatan.

"Proses seleksi akan kita lakukan dengan terbuka. Yang terbaik yang akan kita rekrut," ucapnya.

Ahmad Jawahir juga menjelaskan penambahan tenaga kesehatan memang mutlak dilakukan mengingat jumlah pegawai yang ada masih mengalami kekurangan. Apalagi setelah seluruh Puskesmas di Melawi sudah berstatus sebagai puskesmas rawat inap. 

"Tambahan tenaga kesehatan juga diperlukan untuk memperkuat layanan pada rumah sakit Pratama. Karena ada beberapa formasi yang masih kurang, seperti dokter umum," jelasnya. (eko)