Rabu, 16 Oktober 2019


Bersaing Mengisi Enam Posisi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 92
Bersaing Mengisi Enam Posisi

MENYEMATKAN - Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono, menyematkan tanda peserta pada sejumlah pejabat yang mengikuti lelang jabatan untuk mengisi enam kursi kepala dinas maupun badan.

NANGA PINOH, SP – Pemkab Melawi memulai resmi tahapan Seleksi Pengisian Pimpinan Jabatan Tinggi Pratama atau biasa disebut lelang jabatan untuk posisi eselon II. Ada 31 pejabat yang mengikuti lelang kali ini dan akan bersaing untuk mengisi enam posisi kepala dinas dan badan.

Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono saat membuka lelang jabatan, Rabu (10/4) di salah satu hotel di Nanga Pinoh meminta seluruh peserta untuk mengikuti sungguh-sungguh, tahap demi tahap lelang jabatan kali ini.

“Kita harapkan nantinya yang bisa menduduki jabatan tersebut memang benar-benar orang yang terbaik. Sehingga bisa menjadi pimpinan yang mampu membuat inovasi dan juga membangun komunikasi yang baik dengan bawahan,” katanya.

Ivo yang juga menjadi ketua panitia seleksi mengatakan, lelang jabatan yang dilakukan Pemkab Melawi kali ini merupakan yang kedua kalinya digelar. Proses ini memang harus dilalui sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

“Sehingga diharapkan, pejabat yang terpilih adalah mereka yang cakap, memiliki kompetensi sesuai, kualifikasi pendidikan baik, rekam jejak yang bagus serta memiliki integritas tinggi,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Ivo, pejabat sudah semestinya mempunyai kemauan yang kuat untuk memiliki wawasan yang luas dan siap membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Dengan demikian, pejabat bisa menjadi roda penggerak organisasi.

“Saya harapkan pada peserta seleksi untuk ikuti seleksi dengan segenap integritas, loyalitas, disiplin, komitmen dan kejujuran, pedomani seluruh ketentuan pelaksanaan seleksi yang telah ditetapkan panitia seleksi serta bersaing dengan sportif, mengedepankan kehandalan potensi dan kompetensi yang dimiliki,” pesannya. (eko/lha)

Hasil akan Diumumkan Tiap Tahapan

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Melawi, Paulus, dalam pembukaan lelang jabatan mengatakan ada 31 pejabat eselon III yang mengikut lelang kali ini. Terdiri dari enam pejabat eselon IIIb dan 25 pejabat setingkat eselon IIIa. 

Mereka mendaftar untuk enam formasi jabatan pimpinan tinggi pratama atau kepala dinas di lingkungan Pemkab Melawi.

“Proses saat ini adalah asesmen. Kita melibatkan asesor dari Untan bersama dengan panitia seleksi dari Pemkab Melawi,” katanya.

Paulus mengungkapkan, Komisi ASN sudah menerapkan pola baru dalam proses lelang jabatan dengan sistem aplikasi. Sehingga hasil dalam tiap tahapan lelang jabatan akan dimasukkan dalam aplikasi tersebut.

“Aplikasi ini terkoneksi dengan sejumlah lembaga seperti BPKP, BKN, hingga Menpan RB. Jadi bisa dilihat progresnya pada aplikasi tersebut. Dan ini baru diterapkan pada 2019,” ungkapnya.

Lelang jabatan ini, lanjut Paulus, digelar secara terbuka. Hasilnya akan diinformasikan dengan transparan lengkap dengan nilai-nilai yang didapat oleh peserta di tiap tahapan. 

Paulus juga menerangkan, asesmen menjadi penilaian dengan persentase tertinggi, yakni 50 persen. Sedangkan makalah dan wawancara memiliki skor penilaian 40 persen.

“Sedangkan seleksi administrasi hanya memiliki 10 persen penilaian. Setiap peserta akan dinilai, mulai dari latar pendidikan, tentu berbeda antara S1 dengan S2 atau S3, beberapa kali menjabat di posisi berbeda, termasuk juga SKP ikut dinilai,” pungkasnya. (eko/lha)