Masyarakat Melawi Peringati Hari Kartini dengan Cara Unik

Melawi

Editor Shella Rimang Dibaca : 84

Masyarakat Melawi Peringati Hari Kartini dengan Cara Unik
Kapolres Melawi bersama Pimpinan BRI Cabang Melawi serta tokoh pemuda, pengusaha, dan komunitas bikers Melawi mengecat Tugu Juang sebagai bagian peringatan Hari Kartini. SUARA PEMRED/EKO SUSILO
NANGA PINOH, SP – Sejumlah masyarakat dari berbagai organisasi terlihat membawa ember kecil di sepanjang jalan Juang, Kota Nanga Pinoh, Sabtu (27/4) kemarin.

Sembari membawa kuas, mereka mengecat pembatas jalan dua jalur yang mulai terlihat kusam. Sementara, sebagian orang berkumpul di Tugu Juang Nanga Pinoh, salah satu tugu yang menjadi ikon Kabupaten Melawi.

Tujuannya sama, membersihkan tugu yang mulai memudar warnanya dan mengecat ulang.

Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin bersama sejumlah tokoh pemuda dan masyarakat serta pimpinan BRI ikut terlibat dalam aksi unik ini. Petugas Satlantas pun ikut mengamankan kegiatan yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Kartini itu.

“Tujuan kegiatan ini, yakni Kartini-kartini era milenial ini untuk ikut mempercantik Melawi. Keberadaan kami untuk ikut membangun masyarakat dan Kabupaten Melawi,” kata Pimpinan BRI Kanca Melawi, Setyo Agung Yulianto.

Setyo menerangkan, aksi mempercantik Kota Nanga Pinoh, mungkin bisa dibilang kegiatan yang ringan dan sederhana, tapi memiliki makna yang mendalam.

“Dengan semangat Kartini, dan saat ini di era milenial, Kartini di era milenial bangkit dan bersama untuk mempercantik kota yang kita cintai,” katanya.

Kegiatan pengecatan ulang ini sendiri, papar Setyo, dimulai dengan mengecat pembatas jalan dua jalur sepanjang Jalan Juang. Selain itu, juga identitas Melawi, yakni Tugu Juang yang berada di Pasar Nanga Pinoh untuk dilakukan pengecatan ulang.

“Yang dilibatkan dalam kegiatan ini, yakni semua lapisan masyarakat, utamanya ibu-ibu, para karyawan BRI, istri-istri karyawan BRI yang tergabung dalam Ikatan Wanita BRI (IWABRI), PKK Melawi, Dharma Wanita serta GOW Melawi. Polres melawi juga ikut bergabung, elemen masyarakat seperti FOPAD, perkumpulan bikers serta para pencinta alam,” terangnya.

Peringatan Hari Kartini dengan aksi unik ini, diharapkan Setyo sebagai ajang silaturahmi setelah usai gelar Pemilu Serentak. Ia mengharapkan semua elemen masyarakat bergotong royong membangun Melawi.

“Pemilu sudah selesai, mari kita tinggalkan perbedaan pandangan politik maupun perbedaan pilihan yang mungkin membuat sebagian masyarakat terputus silaturahmi. Mari kita bersatu kembali untuk membangun Melawi,” pesannya.

Di tempat yang sama, Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin mengapresiasi kegiatan pengecatan ulang pembatas jalan dua jalur dan Tugu Juang BRI sebagai bentuk kebersamaan mempercantik Melawi dan dukungan pembangunan di Melawi.

Menurut Fadlin, aksi pengecatan pembatas jalan dua jalur dan Tugu Juang itu merupakan rangkaian peringatan Hari Kartini yang digelar dengan cara berbeda di Kabupaten Melawi.

“Selain sebagai wujud peneladanan terhadap semangat juang RA. Kartini, juga sebagai bentuk sinergitas BRI bersama elemen masyarakat serta polisi untuk mendukung program pembangunan di daerah ini,” ujar Fadlin. (eko)