Lima Pj Kades Kecamatan Ella Hilir Dilantik

Melawi

Editor elgiants Dibaca : 124

Lima Pj Kades Kecamatan Ella Hilir Dilantik
PELANTIKAN - Foto bersama usai pelantikan Pj Kades di Lima Desa kecamatan Ella Hilir. Ist
NANGA PINOH, SP – Lima jabatan kepala desa di wilayah Kecamatan Ella Hilir sudah berakhir pada 11 April lalu. 

Untuk mengisi kekosongan jabatan hingga pelaksanaan Pilkades serentak tahun depan, Camat Ella Hilir, Syaripudin, melantik lima Penjabat (Pj) Kades yang akan bertugas hingga terpilihnya kades definitif.

Proses pelantikan Pj Kades ini digelar pada Kamis (9/5) lalu. Syaripudin mengungkapkan, proses sertijab dari mantan kades kepada Pj Kades di Ella Hilir baru bisa digelar Kamis pekan lalu karena bertepatan dengan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019.

“Pelantikan dilakukan untuk mengisi jabatan kades yang sudah berakhir. Kita baru bisa menggelar sertijabnya saat ini karena masa berakhir jabatan kades itu dekat dengan pelaksanaan pemilu serentak 17 April,” jelasnya.

Syaripudin memaparkan, Pj Kades yang dilantik olehnya, yakni Dedi Suhaidi sebagai Pj Kades Lengkong Nyadom menggantikan Suyadi; Sopiansyah sebagai Pj Kades Nanga Nuak menggantikan Amri B Idrus; Matsari sebagai Pj Kades Nanga Kalan menggantikan Herwandi; Noman sebagai Pj Kades Nanga Nyuruh menggantikan Kiun; serta Bustami sebagai Pj Kades Kerangan Kora menggantikan Lamen.

“Kami mohon dukungan dan kerja sama mantan kades dan mantan ketua TP PKK desa bersama-sama dengan Pj kades dan ketua TP PKK desa yang baru untuk menyukseskan pemilihan kades definitif tahun 2020 dan melanjutkan pembangunan yang telah direncanakan oleh kepala desa,” ujarnya.

Syaripudin juga meminta, ke depan, Pemkab Melawi bisa menambah personel di Kantor Camat Ella Hilir mengingat banyaknya personel di kecamatan sudah menjabat sebagai Pj Kades. Sehingga, sudah tak ada yang bisa ditunjuk kembali untuk menjadi Pj kades.

“Padahal, masih ada sebelas desa lagi yang masa jabatan kadesnya akan berakhir di Ella Hilir, yakni Desa Penyuguk, Kahiya, Bemban Permai, Pelempai Jaya  yang akan berakhir pada akhir 2019, dan untuk Kades Popai, Domet Permai, Nyangau, Perembang Nyuruh, Sungai Labuk, Sungai Mentoba, dan Natai Compa yang berakhir pada awal 2020 mendatang,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, Syaripudin juga mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya pemilu 2019 yang berjalan aman di Ella Hilir. Menurutnya, hal ini merupakan bentuk kerja sama dan koordinasi yang baik antarpihak sehingga pemilu di Ella Eilir berlangsung damai dan sejuk.

“Semoga nantinya dalam perhelatan pesta demokrasi seperti Pilkades juga bisa berjalan aman,” harapnya.
Sementara itu, Herwandi, mantan Kades Nanga Kalan berharap Pj Kades yang baru dilantik jangan memihak satu calon kades dalam Pilkades 2020 mendatang. Ia berharap Pj Kades  menjunjung tinggi netralitas.

“Kami juga berharap dengan kepemimpinan Pj Kades dalam kurun waktu setahun ke depan menciptakan desa yang aman, damai, dan tidak ada konflik masyarakat,” katanya.

Herwandi juga menyampaikan terima kasih pada camat dan istri yang telah banyak membuat prestasi di desanya. Sejumlah penghargaan mampu diraih  seperti juara tiga lomba P2WKSS tingkat provinsi serta pembinaan dan motivasi sehingga Nanga Kalan dapat melaksanakan deklarasi ODF. (eko/lha)