Dewan Desak Bupati Lantik Sekretaris DPRD

Melawi

Editor elgiants Dibaca : 172

Dewan Desak Bupati Lantik Sekretaris DPRD
MENYEMATKAN - Sekda Melawi menyematkan tanda peserta pada sejumlah pejabat yang mengikuti lelang jabatan untuk mengisi enam kursi kepala dinas maupun badan, beberapa waktu lalu.
NANGA PINOH, SP – Dalam beberapa bulan terakhir, jabatan Sekretaris DPRD Melawi lowong. Posisinya diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) yakni Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskumdag), Ramdha Suhaimi. 

Pimpinan DPRD pun mendorong agar Bupati Melawi bisa segera melantik pejabat definitif mengingat sudah selesainya proses lelang jabatan oleh Pemkab.

Wakil Ketua DPRD Melawi, Iif Usfayadi di Nanga Pinoh, Senin (13/5) mengungkapkan, tiga nama calon Sekretaris DPRD sudah disampaikan Bupati Panji ke DPRD Melawi. 

Tiga nama ini sendiri merupakan peserta lelang jabatan yang meraih tiga besar nilai tertinggi khusus untuk formasi Sekwan.

“DPRD sendiri sudah memberikan putusan dari tiga nama. Sudah ada rekomendasi dan persetujuan dari tiap fraksi DPRD Melawi. Kami meminta agar satu nama yang sudah dipilih DPRD bisa segera dilantik bupati,” katanya.

Iif beralasan, pelantikan untuk Sekretaris DPRD definitif perlu disegerakan mengingat agenda kedewanan yang cukup banyak. Menurutnya dengan masih dijabat Plt, banyak kegiatan yang terbengkalai.

“Salah satunya soal Laporan Pertanggungjawaban Bupati, sampai sekarang belum ada penjadwalan rapat. Padahal, harusnya sudah dimulai. Karenanya, DPRD mendorong agar bupati melantik Sekwan definitif,” ujarnya.

Legislator Gerindra ini memaparkan, seluruh tahapan seleksi lelang jabatan hingga penetapan Sekretaris DPRD dengan mengusulkanya ke DPRD sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan. Menurut Iif, agenda kedewanan tanpa sekwan definitif akan terganggu. Rekomendasi DPRD juga sudah disampaikan kembali ke bupati.

“DPRD sudah memberikan keputusan pada bupati. Tinggal menunggu bupati, kapan pelantikannya. Jangan sampai terlalu lama pelantikannya, karena agenda dewan akan terganggu. Sehingga agenda pembahasan LKPj, Pertanggungjawaban APBD Melawi tahun 2018 sampai pembahasan KUA PPAS APBD 2019 bisa molor,” paparnya.

Dari informasi yang didapat oleh Suara Pemred, diketahui Bupati Melawi sudah menyampaikan usulan persetujuan penetapan Sekretaris DPRD sejak 26 April lalu. Jabatan Sekretaris DPRD sendiri sesuai dengan Pasal 31 Ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah perlu diusulkan ke DPRD Melawi untuk mendapatkan persetujuan penetapan.

Tiga nama yang diusulkan sebagai Sekretaris DPRD Melawi, yakni Dalyudi di peringkat pertama, Silvani Umran di peringkat kedua, dan Syaiful Khair pada peringkat tiga. 

DPRD sendiri diketahui sudah menindaklanjuti surat bupati ini dengan adanya permintaan pada fraksi-fraksi DPRD Melawi untuk memilih satu dari tiga nama tersebut untuk mendapatkan rekomendasi sebagai Sekretaris DPRD.

Satu nama yang diketahui direkomendasikan oleh DPRD Melawi adalah Syaiful Khair yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata. Untuk hal ini, Iif juga telah membenarkan adanya keputusan bulat fraksi untuk merekomendasikan Syaiful sebagai Sekretaris DPRD.

“Surat persetujuan pimpinan DPRD Melawi sudah disampaikan pada Bupati Melawi sejak 6 Mei lalu. Ini yang sekarang kita minta untuk ditindaklanjuti,” tuturnya.

Bupati Melawi, Panji, belum bisa dikonfirmasi terkait dengan adanya rekomendasi DPRD terhadap satu dari tiga nama calon Sekretaris DPRD Melawi. (eko/lha)

Punya Pertimbangan Sendiri

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Melawi, Paulus mengungkapkan Pemkab Melawi tinggal menunggu rekomendasi dari KASN terkait pengajuan nama-nama yang masuk dalam tiga besar dalam proses lelang jabatan. 

Nantinya, Bupati Melawi akan memilih satu dari tiga nama di tiap formasi yang dilelang untuk kemudian ditetapkan menjadi kepala dinas atau badan. 

"Bupati punya pertimbangan sendiri dalam memilih siapa dari tiga besar ini yang akan dipilih menjadi kepala OPD. Bisa jadi yang nomor urut satu, tapi juga tak menutup kemungkinan yang peringkat di bawahnya. Karena ini kewenangan beliau,” ujarnya. (eko/lha)