Panji Ikut Menentukan Penetapan Sekretaris DPRD

Melawi

Editor elgiants Dibaca : 201

Panji Ikut Menentukan Penetapan Sekretaris DPRD
MENYEMATKAN - Sekda Melawi menyematkan tanda peserta pada sejumlah pejabat yang mengikuti lelang jabatan untuk mengisi enam kursi kepala dinas maupun badan, beberapa waktu lalu.
NANGA PINOH, SP – Proses seleksi jabatan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Melawi memang sudah tuntas. Pemkab Melawi tinggal menunggu rekomendasi dari KASN terkait proses dan masukan. Namun, Bupati Melawi akan menjadi penentu utama, siapa nantinya yang akan duduk sebagai kepala OPD yang jabatannya dilelang.

Bupati Melawi, Panji, ditemui belum lama ini mengatakan, dirinya hingga kini masih menunggu rekomendasi KASN, mengingat Pemkab sudah menyampaikan hasil dari lelang jabatan tersebut sejak beberapa waktu lalu.

“Kita menunggu apakah ada semacam arahan, petunjuk atau panduan dalam bentuk apa. Tapi toh tidak kaku kepada itu. Selama kita sudah izin dan melaporkan, tinggal kita bagaimana untuk melaksanakan tahapan berikutnya. Tinggal memutuskan, kemudian melantik saja,” tuturnya.

Sementara itu, terkait dengan posisi Sekretaris DPRD yang disebutkan sudah mendapatkan rekomendasi dari DPRD Melawi, Panji mengatakan memang dalam ketentuan peraturan pemerintah perlu adanya rekomendasi dari DPRD.

“Tapi dalam hal ini, tentu saya tidak juga kehilangan wewenang secara otomatis. Tentu saya masih ikut menentukan. Tentunya nanti hasil komunikasi dengan dewan,” katanya.

Menurut Panji, ada sedikit persoalan, terkait soal pemilihan Sekretaris DPRD, karena nantinya pimpinan dan anggota DPRD yang merekomendasikan sekarang adalah alat kelengkapan dewan yang tak lama lagi akan mengakhiri masa jabatan.

“Sedangkan yang akan menjadi user sekretaris dewan nanti adalah dewan yang baru dan akan dilantik nanti. Ini sedikit menjadi pertimbangan kita. Tapi nanti kita akan koordinasi dengan pimpinan dewan,” ujarnya.

Terkait adanya permintaan dari DPRD agar Bupati segera melantik Sekretaris DPRD, Panji mengatakan, hal itu bisa saja dilakukan. Namun, pihaknya tetap akan mempertimbangkan apakah segera dilantik atau berkomunikasi dengan dewan lebih lanjut.

“Atau akhirnya, kita mencari petunjuk untuk mengangkatnya atau menunggu persetujuan dari dewan yang baru. Ini belum bisa kita pastikan. Kita masih mencari petunjuk di pusat,” ucapnya. (eko/lha)

Rekomendasi Belum Disampaikan

Ditemui terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Melawi, Paulus mengungkapkan, saat ini rekomendasi KASN terkait proses lelang jabatan di lingkungan Pemkab Melawi belum juga disampaikan.

“Soal pelantikan, tetap saja harus menunggu rekomendasi dari KASN. Apa pun jabatannya. Berikutnya tinggal bupati memutuskan, siapa yang akan terpilih,” ujarnya. (eko/lha)