Kamis, 14 November 2019


Panji Ingatkan Dampak Negatif Medsos

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 107
Panji Ingatkan Dampak Negatif Medsos

FOTO BERSAMA - Sejumlah ibu-ibu foto bersama dengan Bupati Panji serta istri dalam kegiatan Safari Ramadan di Pinoh Utara.

NANGA PINOH, SP – Bupati Melawi, Panji, memimpin rombongan Pemkab Melawi dalam safari Ramadan lanjutan yang digelar di Desa Kompas Raya, Kecamatan Pinoh Utara. Dalam safari tersebut, Panji mengingatkan berbagai hal, termasuk dampak negatif dari media sosial (medsos) pada masa kini.

“Kita semua berharap semua pihak untuk menciptakan suasana yang aman, rukun dan damai. Sehingga bisa memaksimalkan bulan puasa, sehingga bisa mencapai kualitas keimanan yang diinginkan,” katanya.

Dikatakan Panji, pemerintah terus berupaya dan memberikan dukungan agar dalam bulan yang suci ini masyarakat dapat mewarnainya dengan lebih mendekatkan diri pada Allah Swt dan ketakwaan juga semakin meningkat.

“Soal memberikan dukungan adalah kewajiban kita semua. Yang tak berpuasa juga wajib memberikan dukungan, menciptakan suasana yang aman, damai, rukun, dan kondusif, sehingga umat muslim bisa menjalankan ibadah dengan maksimal,” ucapnya.

Di depan masyarakat Kompas Raya serta sejumlah tamu undangan yang hadir, Panji juga mengingatkan keberadaan medsos yang kerap memunculkan provokasi.

Ia pun menilai, penggunaan medsos semestinya diarahkan untuk membangun kebersamaan dan kekeluargaan, bertukar informasi yang berkualitas dan bermakna.

“Kalau tujuannya itu, jelas bagus. Atau meringankan beban kerja manusia berarti benar. Tapi yang sering terjadi, kebanyakan medsos berisi provokasi. Bagi yang beriman bisa jadi aman, tapi bagi anak muda yang belum cukup punya pegangan, maka bisa berbahaya juga kalau tidak diawasi,” paparnya.

Panji menilai, medsos bisa memberikan dampak negatif karena kecenderungannya merusak mental dan kedamaian. Apalagi penggunanya kerap dibenturkan pada nilai yang seharusnya tidak dipersoalkan. Hingga memunculkan ujaran kebencian dan ketersinggungan.

“Harus ada kontrol dalam memanfaatkan medsos, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi diri kita sendiri,” pesannya.

Di tempat yang sama, Camat Pinoh Utara, Yusseno, berharap pelaksanaan safari Ramadan yang digelar Pemkab Melawi bisa memberikan manfaat, motivasi serta pencerahan bagi masyarakat Pinoh Utara. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa kondisi Pinoh Utara saat ini kondusif pasca dihelatnya Pemilu Serentak 17 April lalu.

“Partisipasi pemilih juga tinggi. Sampai 95 persen. Kondisi ini tercipta berkat koordinasi yang baik, jajaran PPK, Panwascam, KPPS, serta aparat keamanan baik dari TNI maupun Polri,” katanya.

Dalam Safari Ramadan itu, Panji menyerahkan santunan kepada kaum duafa dan anak yatim piatu. Bantuan berupa sajadah juga diserahkan pada pengurus masjid di Desa Kompas Raya. Penyerahan bantuan juga dilakukan oleh Kemenag Melawi serta Camat Pinoh Utara.

Tausiah Ramadan disampaikan Ustaz Aan Subakir. Ia menuturkan bahwa bulan Ramadan adalah bulan keberkahan bagi umat Islam. Ramadan adalah bulan kesucian. Hari pembuktian cinta manusia pada Allah dan Rasul-Nya.
 
“Kita yang merasa beriman, dipanggil untuk berpuasa sebagai bentuk bukti pengakuan kita pada Allah dan Rasul-Nya.Maka kita sambut panggilan Allah dengan berbahagia,” katanya. (eko/lha)