Tampilkan Atraksi Sembari Bagikan Cendol

Melawi

Editor elgiants Dibaca : 55

Tampilkan Atraksi Sembari Bagikan Cendol
MENAMPILKAN - Atraksi seni dari Sanggar Turonggo Saputro, sambil membagikan cendol bagi pengendara yang melintas.
NANGA PINOH, SP – Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mendadak menghentikan kendaraannya saat melintasi Monumen Juang Nanga Pinoh, Minggu (20/5). 

Penampilan sejumlah anak muda yang menampilkan kesenian barongan menjadi penyebabnya. Di tengah cuaca sore yang lumayan hangat, para anak muda ini pun membagikan bungkusan berisi cendol pada masyarakat yang menonton.

Aksi ini sendiri dilakukan Sanggar Turonggo Saputro, sebuah sanggar seni komunitas etnis Jawa yang berdiam di Desa Tanjung Tengang, Nanga Pinoh. Mereka ikut berbagi dengan cara yang unik. Membagikan cendol sembari memberikan hiburan rakyat.

Pimpinan Sanggar Turonggo Saputro, sekaligus koordinator takjil Ramadan, Purwanto Edynata mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggairahkan kebersamaan antarsesama umat muslim, khususnya di Kabupaten Melawi.

“Kami sanggar asal Pulau Jawa ingin hadir dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, salah satunya melalui berbagi takjil ini,” kata Purwanto.

Menurutnya, pembagian takjil bulan Ramadan kali ini disiapkan sebanyak 500 bungkus es cendol untuk pengguna jalan dan warga sekitar.

Dikatakannya, pembagian takjil ini baru kali pertama dilakukan sanggar yang mendapat sambutan positif dari masyarakat. Oleh sebab itu, kegiatan berbagi berkah di bulan Ramadan tersebut, direncanakan akan dilaksanakan setiap tahun.

“Selain untuk mengharap rida dan pahala dari Allah Swt, melalui kegiatan ini juga kami berupaya untuk selalu menjaga tali silaturahmi sesama warga di Kabupaten Melawi,” jelasnya.

Bagi-bagi cendol sembari melihat pertunjukan seni barongan pun mendapat apresiasi warga. Salah satunya, Lina yang ikut singgah menonton. Ia pun beruntung karena mendapat sebungkus cendol.

“Lumayan unik, saya kira tadi pertunjukkan apa bang. Rupanya bagi-bagi takjil. Lumayanlah, sambil menunggu waktu berbuka dapat hiburan dan cendol gratis,” kata pemudi ini.  (eko/lha)