Rabu, 20 November 2019


Jasa Raharja Minta Masyarakat Segera Lapor Polisi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 93
Jasa Raharja Minta Masyarakat Segera Lapor Polisi

Petugas jasa Raharja memberikan materi pada masyarakat Tiong Keranjik dalam rangkaian FGD Polres Melawi. Ist

NANGA PINOH, SP - Kasus kecelakaan lalu lintas bisa terjadi di mana saja. Masyarakat yang melihat atau mendengar diharapkan proaktif melaporkan kecelakaan pada aparat kepolisian agar bisa segera dilakukan penanganan.

Hal ini disampaikan Fahrul Edwin Pegawai Jasa Raharja dalam kegiatan Focus Group Discusion (FGD) yang digelar Polres Melawi di desa Tiong Keranjik, Kecamatan Belimbing  Hulu, Senin (27/5).

"Apabila melihat atau mendengar kejadian kecelakaan agar melaporkan segera kepada Kepolisian yaitu Satlantas Polres Melawi dan Jasa Raharja supaya korban mendapatkan penanganan serta pemberian santunan dapat segera diterima oleh korban atau ahliwaris," pesannya pada masyarakat setempat.

Fahrul juga menerangkan, mekanisme proses pelayanan Jasa Raharja Kabupaten Melawi. Diantaranya masyarakat Desa Tiong Keranjik harus mengerti hak-hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemilik kenderaan bermotor, kelengkapan berkendara yang harus dipakai untuk menjaga keselamatan serta kasus-kasus yang tidak terjamin Jasa Raharja.

Kegiatan FGD dipimpin Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun beserta anggotanya dan Kasat Lantas AKP Aang Permana diwakili oleh Kanit Dikyasa Satlantas Aiptu Suyono bersama anggotanya.

Kasat Binmas AKP TP Marbun mengatakan kegiatan digelar guna mewujudkan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polres Melawi.

“Melalui kegiatan Focus Group Discussion, kami ajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas dijalan raya guna mewujudkan kamseltibcarlantas dan dalam rangka menciptakan kamtibmas yang kondusif dalam mudik Lebaran Idulfitri 1440 H tahun 2019 yang aman di wilayah Kabupaten Melawi,” jelasnya.

Kanit Dikyasa, Aiptu Suyono selaku narasumber, memaparkan tentang pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada di jalan raya dan harus mengerti dalam menggunakan alat pemberi isyarat lalu lintas saat hendak berbelok ataupun memutar balik kenderaan, dan fungsi alat lainnya terkait dengan ketertiban berlalu lintas guna untuk keselamatan bersama.

Selain itu, Aiptu Suyono juga memaparkan beberapa fungsi alat pemberi isyarat lalu lintas, jenis alat pemberi isyarat lampu lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas perintah, larangan dan peringatan, petunjuk, penempatan rambu-rambu lalu lintas, serta terkait marka jalan. (eko/lha)