Senin, 23 September 2019


Polres Melawi Siapkan 80 Personel

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 111
Polres Melawi Siapkan 80 Personel

APEL - Penyematan Pita oleh Kapolres Melawi terhadap perwakilan petugas yang akan terlibat dalam Operasi Ketupat 2019.

NANGA PINOH, SP – Pelaksanaan operasi terpusat Ketupat 2019 dimulai Rabu (29/5) hingga pasca Lebaran Idulfitri, dua pekan kemudian. 

Polres Melawi pun menggelar apel gelar pasukan di halaman Mapolres, Selasa (28/5), yang diikuti anggota polisi, TNI, Satpol PP, Dishub hingga gerakan pramuka.

Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin, yang ditemui seusai gelar pasukan mengungkapkan, Operasi Ketupat merupakan operasi rutin dengan target memperlancar arus mudik maupun arus balik selama musim Lebaran 1440 H.

“Tujuan utama Operasi Ketupat 2019 adalah pengamanan Lebaran. Kami menurunkan 80 personel yang akan ditempatkan di pos pengamanan dan pos pelayanan yang kami buat di sejumlah titik,” ujarnya.

Fadlin memaparkan, operasi ini tak hanya menjadi andil polisi semata, tapi juga melibatkan satuan lain termasuk TNI, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan, dan pramuka. Harapannya, tentu pelaksanaan Lebaran di Melawi bisa berjalan aman dan lancar.

“Ada tiga titik pos yang akan kita buat, yakni di pos lantas, satu pos pengamanan di Simpang Tugu Juang serta satu lagi di Terminal Bus Nanga Pinoh. Sedangkan untuk penyeberangan SDF itu tentatif. Kalau ada eskalasi pemudik yang tinggi, nanti kita akan letak satu pos di situ,” terangnya.

Pengamanan dalam Operasi Ketupat juga tak sekadar mengamankan jalan-jalan poros serta arus lalu lintas orang maupun barang, tapi juga pengamanan di sejumlah tempat ibadah, terutama masjid atau lapangan yang akan digunakan sebagai pelaksanaan salat ied.

“Begitu juga untuk tempat-tempat rekreasi. Nanti kan, pengamanan ini meliputi pra, hari H, dan pascalebaran. Pascalebaran inilah termasuk pengamanan di tempat rekreasi serta tempat hiburan,” ujarnya.

Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan Ahmad Fadlin, salah satu target capaian dari Operasi Ketupat meliputi aspek keselamatan berlalu lintas, berupa penurunan angka kecelakaan lalu lintas dan korban meninggal dunia hingga 37 persen. 

Apel Gelar Pasukan ini juga bertujuan menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat. (eko/lha)

Jaga Keamanan dan Ketertiban

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya, yang hadir dalam Gelar Pasukan tersebut, mengimbau masyarakat untuk berhati-hati di jalan saat menjelang Idulfitri maupun pascalebaran. 

Ia berharap masyarakat untuk taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas serta waspada saat akan bepergian.

“Kita masing-masing diharapkan bisa menjaga keamanan dan ketertiban di Melawi,” katanya.

Keberadaan aparat keamanan, lanjut Dadi, diharapkan bisa memberikan rasa aman dan damai pada masyarakat dalam merayakan Lebaran 1440 H. Ia juga meminta agar masyarakat yang mudik tetap memperhatikan keamanan tempat tinggalnya sehingga tetap aman selama ditinggalkan. (eko/lha)