Apel Konsolidasi Akhir Operasi Ketupat dan PAM Sidang PHPU

Melawi

Editor elgiants Dibaca : 80

Apel Konsolidasi Akhir Operasi Ketupat dan PAM Sidang PHPU
FOTO BERSAMA - Kapolres, Wabup, dan sejumlah perwira dan undangan foto bersama usai gelaran Apel Konsolidasi, setelah berakhirnya Operasi Ketupat serta kesiapan pengamanan sidang gugatan PHPU.
Polres Melawi menggelar Apel Konsolidasi berakhirnya Operasi Ketupat 2019 sekaligus Kesiapan Pengamanan Sidang PHPU, menjelang dilaksanakannya sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 di halaman Mapolres Melawi, Kamis (13/6). 

Apel ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya, didampingi sejumlah pejabat baik di lingkungan Polres Melawi maupun dari instansi pemerintah. Anggota TNI, Satpol PP, Dishub, Damkar hingga Saka Bhayangkara turut serta menjadi peserta apel.

Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin, ditemui usai apel mengungkapkan, dua agenda yang telah dilalui maupun akan dihadapi ke depan, yakni pelaksanaan Operasi Ketupat dan persiapan pengamanan dukungan sidang PHPU. Khusus Operasi Ketupat, ia memaparkan, sejauh ini pelaksanaannya berjalan lancar di Melawi.

“Pelaksanaan aman dan tertib. Arus kendaraan, barang serta manusia bisa diatur dengan baik sebelum hari H serta pascalebaran,” ujarnya.

Fadlin melanjutkan, pengamanan oleh Polres Melawi bersama instansi terkait juga dilakukan di sejumlah titik keramaian serta tempat wisata yang banyak dikunjungi masyarakat, pasca-Idulfitri. Begitu juga untuk angka laka lantas bisa ditekan seminimal mungkin.

“Untuk harga barang juga dari satgas-satgas yang kita bentuk sudah menetralisir lonjakan harga di lapangan,” katanya.

Untuk mengantisipasi kecelakaan, Fadlin mengungkapkan, sudah ada langkah tindak lanjut jajarannya untuk menutup lubang yang bisa membahayakan pengendara kendaraan. Begitu juga beberapa titik yang sempat terjadi kemacetan bisa diurai dengan baik.

“Kita juga sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir dan longsor mengingat situasi cuaca yang tidak menentu. Kita komunikasikan dengan instansi terkait. Kita sudah persiapan. Harapan kita Idulfitri bisa berjalan lancar,” ucapnya.

Fadlin mengungkapkan, apel yang digelar, memang juga diarahkan untuk persiapan pengamanan sidang PHPU. 

Beberapa langkah yang diambil adalah melakukan pengecekan sarana dan prasarana pendukung kesiapan pengamanan sidang PHPU; pembentukan dan pelatihan pleton dan kompi pengendalian massa (dalmas) yang terbagi dalam lima kompi guna pengamanan di Kantor KPU, Gudang KPU, dan Kantor Bawaslu; melakukan deteksi dini dan kegiatan-kegiatan yang populis di titik-titik rawan secara politik dan sosial, serta bersinergi dengan semua stakeholder terkait.

“Persiapan ini dilakukan mengingat ada satu gugatan untuk pemilu legislatif di Kabupaten Melawi, yakni dari Partai Perindo. Kita fokus untuk wilayah kita saja. Kita lakukan langkah antisipasi, pengamanan di tempat tertentu. Waktu persidangan nanti kan 14 hari sudah akan diputuskan. Kita amankan semua,” pungkasnya. (eko susilo/lha)