Minggu, 22 September 2019


Sukiman Nyatakan Tak Ikut Pilkada Melawi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 266
Sukiman Nyatakan Tak Ikut Pilkada Melawi

SAMBUTAN - Anggota DPR RI, Sukiman yang memberikan sambutan dalam halalbihalal MABM bersama Ormas Islam Melawi. Sukiman menyatakan tak lagi ikut dalam pertarungan di Pilkada Bupati Melawi mendatang.

Usai gagal menembus DPR RI dalam Pemilu Serentak April lalu, Sukiman sempat digadang-gadang akan maju dalam Pilkada Melawi yang digelar pada 2020 mendatang. 

Sebagai figur kuat, Sukiman dianggap mumpuni untuk menandingi incumbent saat ini. Namun, dalam halalbihalal yang digelar MABM bersama Ormas Islam di Graha Sukiman, Sabtu (15/6) malam, Sukiman menegaskan tak akan ikut bersaing dalam Pilkada Melawi dan memilih kembali menjadi “rakyat biasa".

“Dalam kesempatan ini, saya menegaskan tak ikut dalam percaturan Pilkada yang akan datang. Saya ingin bergabung kembali di tengah masyarakat. Ini saya ambil setelah melakukan muhasabah dan berdiskusi dengan istri, saya pastikan tak maju,” katanya.

Sukiman yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PAN pun sudah menutup peluang untuk maju sebagai bakal calon Bupati Melawi. Bahkan, ia juga meminta tak ada lagi pihak-pihak yang mengajak atau mendorongnya menjadi calon bupati.

“Sudah close, tutup, tidak ada lagi cerita bahwa saya akan maju dalam Pilkada 2020. Saya lebih akan mengelola percaturan politik yang akan datang dari belakang layar saja. Saya bersama Pak Abang Tajudin, mari kita kembali menjadi rakyat,” ujarnya.

Dikatakan Sukiman, dirinya ingin lebih fokus mengurus umat Islam. Mengingat masih ada sejumlah tanggung jawab yang akan ia tuntaskan. Salah satunya soal penyelesaian pembangunan Masjid Ibnu Taimiyah di Kompleks Perguruan Muhammadiyah. 

Selain itu, ia menilai, banyak kandidat lain yang juga memiliki peluang, di antaranya Dadi Sunarya, Wabup dan juga Ketua PAN Melawi serta Kolonel Pnb Utan Agusri. Kebetulan keduanya, turut hadir dalam halalbihalal malam itu.

“Banyak waktu yang sudah saya habiskan tidak bersama keluarga. Sudah 20 tahun saya habis dipolitik. Sekarang, saya juga ikut mengurus umat bersama tokoh-tokoh agama kita. Saya cukup jadi orang tua,” ucapnya.

Sukiman yang juga menjabat Dewan Penasehat MABM Melawi, meminta agar umat Islam terus diperkuat. Sehingga, tak lagi seperti buih di lautan. Ego sektoral ormas dan organisasi harus dibuang. Salah satunya dalam momen halalbihalal kali ini. Tak lagi memandang perbedaan ormas, parpol atau dukungan saat pemilu lalu.

“Umat kita perbaiki, kualitas kita perbaiki. Begitu juga dengan moral kita perbaiki. Jangan mudah berburuk sangka,” pesannya.
Halalbihalal yang diinisiasi MABM bersama sejumlah ormas Islam Melawi dihadiri ratusan orang. Ketua DPD MABM Melawi, Zubir Saidi mengatakan, halalbihalal menjadi kesempatan untuk saling bermaaf-maafan.

“Harapan dari kegiatan ini, organisasi Islam di Melawi dapat saling membantu, dan membimbing untuk membangun generasi penerus kita. Mana yang baik kita pertahankan. Dan yang buruk kita tinggalkan,” katanya. (eko susilo/shella)