Kamis, 12 Desember 2019


Desa Kebebu Prioritas Bangun Sarana Kesehatan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 136
Desa Kebebu Prioritas Bangun Sarana Kesehatan

MEMBANGUN - Sejumlah pekerja sedang membangun rumah dinas bidan tepat di samping Poskesdes Desa Kebebu. Kades Kebebu menjadikan pembangunan sarana kesehatan sebagai satu prioritas dari penggunaan dana desa. Ist

NANGA PINOH, SP – Dalam dua tahun terakhir, pembangunan fasilitas pendukung di bidang kesehatan menjadi satu prioritas oleh Desa Nanga Kebebu. Kucuran dana desa pada 2018 dan 2019 pun, khusus untuk membangun sarana kesehatan, seperti Poskesdes hingga toilet rumah warga.

Kepala Desa Nanga Kebebu, Ahmad Yani ditemui di Nanga Pinoh, Senin (15/7) mengungkapkan, selain pembangunan infrastruktur fisik seperti jalan dan jembatan, sarana kesehatan juga menjadi prioritasnya.

“Tahun ini kita sedang membangun rumah dinas untuk bidan desa. Sebelumnya, kita telah membangun sarana Poskesdes di desa,” terangnya.

Yani mengatakan rumah dinas bidan dibangun melalui APBDes tahun 2019. Rumah dinas tersebut dibangun dengan pola padat karya dengan anggaran kurang lebih Rp100 jutaan. Rumah dinas ini pun menjadi pendukung agar tenaga kesehatan yang bertugas di Desa Kebebu bisa lebih betah.

“Kalau Poskesdes dibangun tahun lalu. Kita juga menganggarkan untuk sarana alat kesehatan yang diperlukan di dalam Poskesdes dari dana desa. Semuanya kita adakan agar masyarakat bisa mendapatkan akses yang mudah untuk pelayanan kesehatan,” katanya.

Apa lagi, lanjut Yani, desanya saat ini juga sedang berupaya mencegah terjadinya stunting. Nanga Kebebu juga akan mempersiapkan menjadi Desa Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan.

“Karenanya, kita juga membangun sarana sanitasi seperti WC pada 90 rumah tangga atau KK yang tersebar di tiga dusun. Sehingga nantinya, mereka tak lagi harus buang air ke sungai,” paparnya.

Untuk mendukung layanan kesehatan pada masyarakatnya, Yani menuturkan, sudah ada anggaran untuk bantuan honor bidan desa dari APBDes Nanga Kebebu. Honor ini dianggarkan bersamaan dengan bantuan untuk kader posyandu desa.

“Kita berharap tentunya pelayanan kesehatan bisa maksimal. Petugas kesehatan juga betah dan kualitas kesehatan warga menjadi lebih meningkat,” harapnya.

Di luar bidang kesehatan, Yani memaparkan, program pembangunan jalan rabat beton serta jembatan tetap masih teranggarkan. Seperti pembangunan jalan beton di dua dusun, yakni Dusun Sebaju dan Dusun Kebebu, seperti penyediaan sarana air bersih di Dusun Lebak Tapang. (eko/lha)