Kamis, 12 Desember 2019


Reformasi Birokrasi Perbaiki Kinerja Pemerintah

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 115
Reformasi Birokrasi Perbaiki Kinerja Pemerintah

SOSIALISASI - Pembukaan Sosialisasi dan Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi Pemkab Melawi.

NANGA PINOH, SP - Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Melawi mengikuti Sosialisasi dan Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, Selasa (16/7). 

Kegiatan ini bertujuan memberikan arah pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Pemkab Melawi.

Ketua panitia kegiatan, Marsidi dalam laporannya menerangkan, road map Reformasi Birokrasi merupakan bentuk operasional yang disusun dan dilaksanakan setiap lima tahun sekali. 

"Road map ini menjadi rincian pelaksanaan reformasi birokrasi dari satu tahapan ke tahap selanjutnya selama lima tahun dengan sasaran per tahun yang jelas," jelasnya.

Tujuan penyusunan road map tersebut, lanjut Marsidi, adalah untuk mendapatkan persepsi pemahaman serta keterpaduan langkah-langkah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam penyusunan road map Reformasi Birokrasi. 

Diharapkan pula, dari kegiatan ini tersedia tenaga-tenaga terampil dalam penyusunan serta adanya partisipasi aktif dari para aparatur di ruang lingkup SKPD.

"Reformasi birokrasi mencakup delapan area perubahan, yakni organisasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik hingga mindset serta culture set aparatur sehingga bisa berjalan secara efektif, efisien, terukur, konsisten, terintegrasi dan melembaga dan berkelanjutan," jelasnya. (eko/lha)

Direncanakan Secara Sistematis

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Melawi, Imansyah, yang hadir mewakili Bupati Melawi mengatakan, road map Reformasi Birokrasi menjadi sebuah pointer bagi Pemkab Melawi. Karena road map menjadi dokumen strategi yang ditampilkan serta visual tingkat tinggi yang memetakan apa saja isi dan arah dalam pelaksanaan reformasi birokrasi tersebut.

"Mudah-mudahan reformasi birokrasi nantinya bisa berjalan dengan baik dan diikuti masing masing OPD termasuk camat. Kita harapkan juga ada semacam mindset untuk mendorong budaya kerja yang baik sehingga berujung pada etos kerja yang semakin baik dalam penyelenggaraan pemerintahan," katanya. 

Road map Reformasi Birokrasi ini, kata Imansyah, perlu direncanakan secara sistematis dan komprehensif agar keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi dapat diukur. 

Setelah road map tersebut tersusun, diharapkan mampu mendorong Pemerintahan Kabupaten Melawi yang bersih dan baik, berintegritas, profesional, berkinerja tinggi, bebas dan bersih dari KKN serta mampu melayani publik. (eko/lha)