Kamis, 12 Desember 2019


Camat Pinoh Utara Lantik Lima Pj Kades

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 137
Camat Pinoh Utara Lantik Lima Pj Kades

PENGAMBILAN SUMPAH - Pelantikan Lima Penjabat Kades di Kecamatan Pinoh Utara oleh Camat Yusseno. Pelantikan dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan kades hingga Pilkades 2020 mendatang.

NANGA PINOH, SP – Lima Penjabat (Pj) Kepala Desa dilantik oleh Camat Pinoh Utara, Yusseno, Rabu (17/7) di aula Kantor Desa Kompas Raya. Pelantikan dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan sembari menunggu pelaksanaan Pilkades serentak 2020 mendatang.

Dalam pelantikan yang dihadiri Kapolsek Nanga Pinoh, Iptu Markus, Ketua PKK Pinoh Utara, Sapariah, sejumlah kades dan mantan kades di Kecamatan Pinoh Utara serta masyarakat, Yusseno mengingatkan lima Pj Kades yang dilantik untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Seorang Pj Kades tidak menyia-nyiakan tugas dan wewenangnya untuk dapat dipertanggungjawabkan dengan baik kepada masyarakat, pemerintah serta Tuhan Yang Maha Esa. Ini adalah amanah dari Tuhan, masyarakat dan pemerintah,” katanya.

Pelantikan Pj Kades ini juga, terang Yusseno, dilakukan untuk mengisi jabatan kepala desa yang lowong setelah kades sebelumnya mengakhiri masa jabatan pada 2019 ini. SK Pj Kades ini pun hanya berlaku selama enam bulan.

“Pj Kades ini akan mengantar sampai terpilihnya kades yang baru di desa masing-masing. Untuk aturan saat ini, memang Pj Kades harus dilantik dari pejabat yang ada di kecamatan. Tapi dalam Perbup baru yang akan digodok, bisa saja nantinya akan diambil dari pegawai Pemda. Artinya, bisa saja dari instansi lain menjabat Pj, tak hanya dari pegawai kecamatan,” paparnya.

Yusseno pun mengingatkan agar Pj Kades yang baru dilantik jangan sampai memanfaatkan jabatannya untuk mendapatkan kemudahan atau keuntungan. Seharusnya dengan jabatan ini, Pj Kades bisa menjadi pelayan yang baik bagi kepentingan masyarakat.

“Keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan pemerintah desa, pertama-tama akan dinilai dari pelayanan pada masyarakat. Jadikan pelayanan pada masyarakat menjadi kewajiban saudara, bukannya pelayanan ini menjadi pendapatan saudara,” pesannya.

Di sisi lain, lanjut Yusseno, Pj Kades juga harus berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait di desa, seperti BPD, tokoh masyarakat, dan tokoh adat setempat. Aspirasi BPD sangat diperlukan karena dari sisi aspirasi saran dari masyarakat akan terangkum.

“Di bidang pembangunan, saya mengharapkan Pj Kades selalu memusyawarahkan pada masyarakat, termasuk dalam pelaksanaan program pembangunan pemberdayaan masyarakat desa. Dalam pembangunan, harus juga diutamakan kebutuhan dasar masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan serta air bersih,” katanya.

Kelima Pj yang dilantik merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Camat Pinoh Utara, yaitu Tekun Saidiman sebagai Pj Kades Nanga Man, M. Iskandar sebagai Pj Kades Nanga Belimbing, Diang sebagai Pj Kades Engkurai, Pinoh Harjo sebagai Pj Kades Tengkajau, dan Fahrizal sebagai Pj Kades Tanjung Paoh.

“Kita minta juga Pj Kades pelajari aturan tentang pengelolaan dana desa. Jangan sampai bermasalah dengan hukum nantinya. Satu desa bermasalah, yang lain juga ikut merasakan. Pengawasan dana desa juga kini sudah ketat. Pj Kades juga kalau bisa ikut berinovasi di desa dan memberikan perubahan,” pesan Yusseno. (eko/lha)

Lanjutkan Program Kerja

Ditemui di Kompas Raya, mantan Kades Nanga Belimbing, Tan Husni, berharap Pj Kades yang baru dilantik bisa melanjutkan berbagai program kerja yang telah ia susun. Apa lagi pelantikan Pj berada di tengah-tengah perjalanan kegiatan Pemerintah Desa Nanga Belimbing.

“Kita membuka diri agar Pj kades Nanga Belimbing, bisa memberikan pencerahan, atau bahkan perbaikan, seperti yang diinstruksikan Pak Camat Pinoh Utara,” katanya.

Tan Husni mengatakan saat ini sejumlah kegiatan di Nanga Belimbing yang sudah direncanakan bersama masyarakat sudah terealisasi kurang lebih 80 persen. Sehingga untuk proses administrasi, termasuk APBDes sudah tak lagi bermasalah.

“Saya juga bahkan sudah mengundang Pj Kades, sebelum dilantik untuk melihat langsung ke Nanga Belimbing. Jadi, sudah tidak ada masalah,” ujarnya.

Tan Husni pun memastikan siap kembali maju dalam Pilkades Serentak pada 2020 mendatang. Bahkan ia optimis akan terpilih kembali mengingat masih banyak masyarakat yang mendukung dirinya. (eko/lha)